26/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Lima Desa di Sumbar Raih Penghargaan

Lima Desa di Sumbar Raih Penghargaan

Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat penyerahan penghargaan ADWI 2023 di Gedung Sasono TMII, Jakarta, Minggu, (27/8).


Padang, rakyatsumbar.id – Gubernur Sumbar, Mahyeldi, mengatakan, prestasi yang diraih 5 desa wisata di provinsinya pada Apresiasi Desa Wisata (ADWI)  2023, merupakn bukti efektifnya pembinaan pariwisata di Sumbar.

“Alhamdulillah, pada ADWI 2023 ini Sumbar berhasil meraih 5 prestasi, 3 meraih juara 1 dan 2 lainnya mendapatkan juara harapan,” kata

kata Mahyeldi usai penyerahan penghargaan ADWI 2023 di Gedung Sasono Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu, (27/8).

Ia melanjutkan, prestasi adalah bukti efektifnya pembinaan pariwisata di Provinsi Sumbar. Keberhasilan tersebut patut dibanggakan dan disyukuri bersama.

“Terima kasih kepada seluruh pihak telah mendukung pengembangan desa wisata di Sumbar, mulai dari pengelola desa wisata, pemerintah daerah, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta para sukarelawan yang tergabung dalam Tim Pemberdayaan dan Pengembangan Desa Wisata (TP2dewi) Sumbar yang tidak kenal lelah dalam melakukan pembinaan terhadap pegiat desa wisata,” ucapnya.

Ia menambahkan, keberhasilan ini tidak terlepas dari peran besar seluruh pihak, khususnya para Volunteer TP2dewi Sumbar yang diketuai oleh Muhammad Zuhrizul.

Gubernur Mahyeldi berharap sektor pariwisata Sumbar menjadi lebih berkembang, baik dari segi kualitas maupun  jumlah kunjungan.

“Pemprov Sumbar telah mencanangkan tahun 2023 ini sebagai tahun kunjungan wisata melalui tagline “Visit Beautiful West Sumatera 2023″ dengan mematok target jumlah kunjungan sebanyak 8,2 juta orang,” ungkapnya.

“Hingga Juni tahun ini, jumlah kunjungan wisatawan asing ke Sumbar mencapai 23.070 orang, sementara untuk wisatawan nusantara mencapai 5.020.000 orang. Dengan keberhasilan ini, diharapkan jumlah tersebut akan terus bertambah,” ucap Mahyeldi.

Ia optimistis target kunjungan wisata tahun ini akan tercapai, sebab infrastruktur, kesadaran masyarakat ,dan kolaborasi semua pihak secara bertahap mulai menunjukkan hasil positif.

Sementara itu, Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengatakan berdasarkan data Kemenparekraf, jumlah desa wisata yang mendaftarkan diri pada ajang ADWI 2023 ada sebanyak 4.573 dari total 7.275 desa wisata di Indonesia.

“Dari total 4.573 desa wisata yang mendaftar, 327 diantaranya berasal dari Sumbar,” ucap Sandiaga Uno

Faktanya dari total 327 desa wisata asal Sumbar yang mendaftar, 5 diantaranya berhasil mengharumkan nama daerah karena dinobatkan sebagai yang terbaik pada ajang ADWI 2023 sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Desa wisata di Sumbar yang  mendapatkan penghargaan pada ajang ADWI 2023 tersebut tersebut adalah Desa Wisata Lawang, Kabupaten Agam, meraih juara 1 Kategori Homestay dan Toilet, Desa Wisata Muntei, Kabupaten Kepulauan Mentawai, meraih juara 1 Kategori Daya Tarik Pengunjung, Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, meraih juara 1 Kategori Desa Wisata Berkembang.

Dua  penghargaan lainnya adalah  juara harapan Desa Wisata Nyarai, Kabupaten Padangpariaman Kategori Daya Tarik Pengunjung dan Desa Wisata Kubu Gadang, Kota Padangpanjang Kategori Desa Wisata Maju. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.