17/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Liga PTNBH, Unand Raih Penghargaan IKU 5 dari Kemdikbudristek

Liga PTNBH, Unand Raih Penghargaan IKU 5 dari Kemdikbudristek

Liga PTNBH, Unand raih penghargaan IKU 5 dari Kemdikbudristek.


Jakarta, rakyatsumbar.id–Universitas Andalas mendapatkan penghargaan jumlah terbanyak hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat.

Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) ini memperoleh penghargaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, capaian Indikator Kinerja Utama pada pilar 5 (IKU 5).

Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., kepada Rektor UNAND, Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H.

Pada Rapat Koordinasi Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Triwulan II Tahun 2023 di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di JW Marriot Hotel Jakarta, Jumat (21/7).

Sebagai PTNBH berbasis riset, Universitas Andalas memiliki keunggulan jumlah luaran riset dalam bidang kesehatan, pangan dan pertanian yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat di tahun 2022.

Penghargaan ini menunjukkan Universitas Andalas merupakan PTNBH yang diakui reputasinya ditingkat nasional dan sejalan dengan visi menjadi universitas yang terkemuka dan bermartabat.

Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H., menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh Dosen yang telah memberikan kontribusi nyata bagi berbagai lapisan masyarakat, khususnya yang dibina oleh kampus.

“Sebagai Institusi Pendidikan Tinggi yang mendukung kejayaan bangsa, Unand telah banyak menghasilkan berbagai luaran hasil penelitian melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,” tuturnya.

Melalui capaian ini, Prof. Yuliandri mengemukakan ke depannya Unand bertekat untuk menjadi Perguruan Tinggi yang tidak hanya unggul ditingkat nasional, namun juga mendapat rekognisi Internasional.

Rektor juga memberi apresiasi kepada Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) yang telah bekerja keras dalam menyusun program dan pengelolaan data untuk mewujudkan keunggulan IKU 5 ini.

Senada dengan itu Wakil Rektor IV Dr. Hefrizal Handra yang didampingi Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Dr. Eng Muhammad Makky mengungkapkan Universitas Andalas telah menghasilkan sebanyak 12.165 luaran riset, baik dalam bentuk karya ilmiah yang terindeks global di SCOPUS, Web of Science, Microsoft Academic Research, DOAJ, CABI, Copernicus, Ebscho.

Unand juga melakukan diseminasi luaran ilmiah seperti konferensi atau seminar internasional akademik yang melibatkan perguruan tinggi luar negeri, komunitas akademik internasional, maupun organisasi internasional dengan topik yang sesuai dan telah dilaksanakan secara rutin.

Selain itu, artikel ilmiah popular di media nasional dan internasional bereputasi yang telah melalui proses editorial, jumlah sitasi karya ilmiah Dosen Universitas Andalas oleh akademisi lain.

Lalu, perolehan penghargaan internasional, maupun pengakuan asosiasi, serta perolehan paten nasional untuk karya terapan Dosen Universitas Andalas yang didaftarkan kekayaan intelektualnya, termasuk Hak Cipta, Desain Industri, Merk, Rahasia dagang, maupun luaran karya seni. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.