18/08/2022
Beranda » KPN Balaikota Berpeluang Besar Jadi Koperasi Terbaik Sumbar

KPN Balaikota Berpeluang Besar Jadi Koperasi Terbaik Sumbar

Kunjungan Tim Penilai Koperasi Tingkat Sumbar ketika mengunjungi KPN Balaikota.

Padangpanjang, rakyatsumbar.id– Koperasi Pegawai Nasional (KPN) Balaikota Padangpanjang dikunjungi Tim Penilai Koperasi Sumatera Barat tahun 2020, Senin  (06/07/2020).

Tim penilai dipimpin langsung oleh Dinas Koperasi UKM Sumbar Deri, serta melibatkan Dekopinwil Sumbar Mirwan Pulungan, dan unsur lainnya. Rombongan disambut langsung oleh Kepala Dinas Perdagkop UKM Arpan, SH, Kepala BPKD selaku Ketua Pengurus KPN Balaikota Dr. Winarno, SE, ME, Kabag Perekonomian Setdako selaku Sekretaris Perwakilan PKPRI Kota Padangpanjang Putra Dewangga,SS,M.Si serta pengurus lainnya.

KPN Balaikota merupakan salah satu koperasi unggulan di Kota Padangpanjang yang telah menjadi contoh bagi koperasi lainnya.

“KPN Balaikota dalam RAT yang lalu sudah mencatatkan sejumlah keberhasilan diantaranya KPN Balaikota membukukan peningkatan SHU sebesar 30% sehingga mencapai Rp. 960.408.346,” jelas Ketua Pengurus KPN Balaikota Winarno.

Selain itu, dijelaskan bahwa KPN Balikota juga mencatatkan penambahan jumlah anggota yang sangat signifikan, yang lebih membanggakan lagi KPN Balaikota sudah menjadi koperasi yang murni menjalankan praktek keuangan syariah dengan keluarnya Keputusan Menkumham tentang Pengesahan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayan Syariah (KSPPS) Pegawai Negeri Balaikota Padangpanjang.

Sementara itu, Tim Penilai dari Dekopinwil Sumbar Mirwan Pulungan, mengatakan KPN Balaikota saat ini sudah masuk dalam Koperasi Binaan Provinsi karena anggotanya tidak hanya warga Kota Padangpanjang, namun terdapat juga anggota yang berasal dari Kabupaten dan Kota lain.

“Kami menyarankan dengan perkembangan KPN Balaikota hari ini maka sudah waktunya KPN Balaikota melakukan terobosan usaha lain untuk mensejahterakan anggota, termasuk peluang melakukan merger dengan koperasi-koperasi lainnya untuk memperkuat modal dan usaha,” sebutnya.

Ia juga mendorong agar Walikota dapat membantu koperasi-koperasi yang ada dengan cara memberikan modal penyertaan “zero margin” kepada Koperasi sebagaimana yang dipraktekan oleh Pemerintah Provinsi pada KPN Kantor Gubernur Sumbar.

Diakhir kegiatan Tim Penilai menyebutkan dari hasil penilaian sementara maka KPN Balaikota berpeluang besar untuk menjadi Koperasi terbaik Provinsi Sumbar Tahun 2020. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.