22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Kombes. Pol (Purn) Mukhlis Mansur Pimpin Syarikat Islam Sumatera Barat

Kombes. Pol (Purn) Mukhlis Mansur Pimpin Syarikat Islam Sumatera Barat

Padang, rakyatsumbar.id—-Menggerakkan dakwah dan membangkitkan ekonomi umat. Langkah tersebut menjadi impian bagi tokoh-tokoh pendiri bangsa, khususnya saat mendirikan Sarekat Dagang Islam yang kemudian menjadi Sarekat Islam.

 

“Impiannya mengembangkan ekonomi umat. Ketika didirikan, cita-citanya  memperjuangkan pedagang pribumi bisa sejajar dengan pedagang asing saat itu. Kini hal tersebut tetap menjadi komitmen,  dakwah dan ekonomi,” kata Ketua DPW Syarikat Islam Provinsi Sumatera Barat Kombes Pol (Purn) Mukhlis Mansur S.I.K di Padang.

 

Mukhlis Mansur menyebutkan, menggerakkan ekonomi umat dalam bentuk usaha sangatlah penting. Kebutuhan hidup yang semakin tinggi, lapangan pekerjaan yang semakin sempit, perlu disikapi dengan langkah-langkah stragis, jika tidak, maka perekonomian anak bangsa tetap akan terpuruk.

 

“Langkah untuk mensejahterakan masyarakat tentu dengan pendidikan dan menggerakkan ekonomi, upaya tersebut akan menjadi target utama bagi Sarekat Islam Sumatera Barat,” kata Mukhlis Mansur disela-sela persiapan pelantikan DPW Syarikat Islam Provinsi Sumatera Barat.

 

Tokoh asal Padangpariaman ini menyebutkan pula, dalam sejarahnya, Sarekat Islam yang pada mulanya bernama Sarekat Dagang Islam, didirikan Samanhudi,  kemudian diketuai Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS  Tjokroaminoto. Tokoh-tokoh bangsa kemudian lahir dari sini.

 

Sejak kelahiran Sarekat Islam, aktivis dan tokoh-tokoh asal Minangkabau banyak berkiprah di organisasi ini, diantaranya  M. Natsir, Agus Salim, Tan Malaka, Buya Hamka. Ikut berjuang bersama Syarikat Islam.

 

Berdirinya Syarikat Islam di Surakarta menjalar ke berbagai daerah. Termasuk ke Sumbar, namun di Ranah Minang, organisasi ini vakum sejak 1973.

 

“Kini kita kembali menghadirkannya dengan harapan bisa memberikan sesuatu untuk bangsa melalui Sumatera Barat,” kata  Mukhlis Mansur sembari menyebutkan, jika tak ada halangan, kepengurusan Syarikat Islam Provinsi Sumatera Barat dilantik Senin, 13 November 2023 oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Syarikat Islam Hamdan Zoelva . (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.