25/09/2022
Beranda » KIPP Sumbar Harapkan tak Ada Konflik pada Pemilu 2024

KIPP Sumbar Harapkan tak Ada Konflik pada Pemilu 2024

Ketua Komite KIPPSumbar, Samaratul Fuad, dan anggota. ISTIMEWA

Padang, rakyatsumbar.id— Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Sumbar, Samaratul Fuad, berharap seluruh pihak harus bisa mencegah potensi konflik pada Pemilu 2024.

“Hal yang paling penting adalah soal kesepakatan seluruh stakeholders untuk mencegah hal-hal yang menimbulkan konflik di masyarakat, baik berupa pernyataan, sikap maupun perilaku,” kata Samaratul Fuad.

Ia menyampaikan, dalam penyelenggaraan Pilkada, partai tentu mempersiapkan pendaftaran para Caleg-caleg. Kondisi ini akan berpotensi terjadi saling tarik menarik calon-calon potensial yang akan menimbulkan masalah.

“Pada tahapan ini, dukungan-dukungan dari kelompok yang menjadi suporter akan mulai bermunculan, baik untuk Caleg maupun Capres,” ucapnya.

Fuad menyampaikan, pihaknya akan banyak berkomunikasi dengan pemerintah daerah, TNI maupun Polri untuk mengambil tindakan preventif menjaga tidak munculnya konflik.

“Peran pemerintah sangat diperlukan, maka harus ada program pemerintah dan kita pun akan mendesak pemerintah untuk membuat program-program tersebut yang bisa mencegah terjadinya konflik sosial,” ulasnya.

KIPP Sumbar sambung Fuad, akan mendesak pemerintah supaya membuat program untuk mencegah terjadi konflik seperti konflik SARA, konflik keagamaan dan lain sebagainya.

“Nah, tentu pengawasan tersebut tidak hanya di tingkat pemerintah, pada tingkat penyelenggara pun harus memunculkan aktivitas yang mengarah kepada proses keberlangsungan pemilu secara damai,” tuturnya.

Ia menyebutkan, koordinasi itu dilakukan karena ada peran-peran yang tidak dimiliki pemantau dan itu hanya bisa dilakukan oleh kepolisian kah atau pemerintah daerah.

“Umpamanya seperti pendidikan politik yang menjurus kepada bagaimana Pemilu laksanakan secara damai tetapi tetap demokratis dan bekeadilan,” tutupnya. (byr/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.