05/03/2024
Beranda » Keselamatan Pasien Sangat Prioritas

Keselamatan Pasien Sangat Prioritas

Pihak manajemen RSUP dr. M Djamil Padang, melakukan sesi foto bersama dengan berbagai narasumber saat memperingati hari keselamatan pasien.


Padang, rakyatsumbar.id – Pihak RSUP dr. M Djamil Padang, menyelenggarakan seminar Melibatkan Pasien Untuk Keselamatan Pasien. Seminar ini dalam rangka Hari Keselamatan Pasien Sedunia setiap 17 September.

Seminar ini sebagai bentuk pengakuan atas peran penting yang dimainkan pasien, keluarga dan perawat dalam keselamatan layanan kesehatan.

Dirut RSUP dr. M Djamil Padang, Dovy Djanas, mengatakan, seminar ini untuk meningkatkan keselamatan pasien, serta meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam hal keselamatan selama perawatan kesehatan, dan mempromosikan aksi global untuk mencegah dan mengurangi risiko yang dapat dihindari dalam perawatan kesehatan.

“Tujuannya seminar ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan publik, meningkatkan pemahaman global, dan bekerja menuju solidaritas global untuk meningkatkan keselamatan pasien dan mengurangi kerugian pasien,” kata Dovy, di ZHM Premiere Hotel Padang, Senin (18/9).

Ia melanjutkan, hari Keselamatan Pasien Sedunia menyoroti pentingnya perawatan yang bermartabat dan kaitannya dengan keselamatan.Rumah Sakit merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan (health provider) yang mempunyai peranan penting, sarat dengan tugas, beban, masalah dan harapan dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

“Sarana kesehatan ini bertujuan memberikan pertolongan kesehatan kepada masyarakat dalam bentuk preventif, kuratif, dan rehabilitatif, yang dilaksanakan secara terpadu dengan upaya mengurangi absensi karena sakit, serta peningkatan derajat kesehatan (promotif),” ucapnya.

Dovy Djanas menjelaskan juga, seminar ini dapat di ikuti secara luring dan daring. “Seminar ini di ikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. Untuk slogan hari keselamatan pasien tahun ini adalah elevate the voice of patients atau ‘Tinggikan suara pasien’,” tutupnya. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.