Kapolda Apresiasi Gebyar Vaksinasi Presisi Kabupaten Pasaman

438
Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, S.I.K, SH ketika meninjau gebyar vaksinasi presisi di Kabupaten Pasaman

Pasaman, rakyatsumbar.id —- Percepatan vaksinasi terus dikebut di seluruh daerah-daerah di Sumbar. Bahkan, Polda Sumbar juga mengintruksikan seluruh polres jajaran menyukseskan Gebyar Vaksinasi.

Kapolda Sumatera Barat, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Teddy Minahasa Putra, S.I.K, SH mengapresiasi digelarnya Gebyar vaksinasi massal presisi bagi masyarakat di Kabupaten Pasaman.

Hal ini disampaikan Teddy Minahasa Putra saat meninjau pelaksanaan Gebyar vaksinasi massal di Mapolres Pasaman, Rabu (20/10/2021).

Sehari sebelumnya kegiatan peninjauan dilakukan di Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan. Dengan menggunakan motor gede (moge), Kapolda akan menyasasar seluruh Gebyar Vaksinasi yang dilakukan polres jajaran.

Kepada wartawan, usai peninjauan, Irjen Pol Teddy mengatakan, pihaknya menargetkan vaksinasi di Sumbar bisa tuntas seratus persen, sesuai dengan jumlah penduduk yang wajib vaksin yakni 4 juta jiwa lebih. “Bagi kita tiada hari libur, polisi itu harus terus bekerja mengayomi masyarakat,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dengan digelarnya kegiatan ini berharap di Kabupaten Pasaman melalui vaksinasi yang digelar secara massal dapat terbentuk herd immunity di kalangan masyarakat.

Teddy menuturkan, Gebyar Vaksinasi Massal Presisi ini merupakan bagian dari target satu juta vaksin dalam sehari yang telah dicanangkan oleh Presiden RI.

Informasi yang kita terima, Kegiatan Gebyar Vaksin Massal Presisi yang digelar di Polres Pasaman hari ini menargetkan sebanyak 1.000 Dosis.

“Mudah-mudahan target yang ditetapkan bisa tercapai, karena biasanya jika kita menyelenggarakan vaksin akan naik 20% dari total undangan,” imbuhnya.

Dia meyakini banyak masyarakat yang semakin ingin divaksin karena sekarang sudah mulai sadar akan pentingnya menerima vaksinasi terlihat dari antusias masyarakat yang datang.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal ini telah berjalan dengan lancar terutama dalam menerapkan Protokol Kesehatan semua petugas baik dari TNI-POLRI maupun Satpol PP telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Diharapkan selama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal ini dapat sesuai target yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman,” ungkapnya.

Bupati Pasaman, H. Benny Utama yang hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi Gebyar vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh jajaran Polri yang dipusatkan di Mapolres Pasaman hari ini.

“Kita dari pemerintah daerah juga mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi di daerah ini. Dan kita juga apresiasi kegiatan hari ini karena dihadiri langsung oleh Kapolda Sumatera Barat,” katanya.

Kata Bupati, terhitung 29 Januari hingga 19 Oktober 2021 kemarin, capaian vaksinasi covid-19 didaerah ini untuk dosis I sebanyak 51.688 jiwa atau sebesar 21,97 parsen dari 235.260 total sasaran di daerah ini.

Selanjutnya, untuk dosis II sebanyak, 16.685 jiwa atau 7,09 parsen, dan dosis III sebanyak 1075 jiwa atau sebesar 75,1 parsen.

Dia mengatakan bahwa, kegiatan vaksinasi di daerah ini dilaksanakan mulai dari kalangan SDM Nakes, pelayan publik, lansia, masyarakat umum, dan remaja (12-17) tahun.

“Untuk SDM Nakes capaian vaksinasi saat ini sebanyak 1.431 jiwa, pelayan publik 16.101 jiwa, lansia 23.427 jiwa, masyarakat umum 159.951 jiwa, dan remaja (12-17) tahun sebanyak 34.350 jiwa,” terangnya.

Benny Utama berharap, seluruh pihak didaerah ini ikut bahu membahu dalam mendukung program percepatan vaksinasi yang telah diprogramkan oleh pemerintah pusat. “Mudah-mudahan, oandrmi Covid-19 ini segera berakhir, ” harap Bupati Benny Utama.

Sementara itu, Kapolres Pasaman, AKBP Dedi Nur Andriansyah berterima kasih kepada Kapolda Sumbar yang telah meninjau pelaksanaan vaksinasi di Wilayah Hukum Polres Pasaman kali ini.

Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar berkat kolaborasi berbagai pihak TNI, Polri dan Pemerintahan Kabupaten Pasaman yang mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan gebyar vaksinasi massal hari ini sehingga dapat berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Pantauan Rakyat Sumbar dilapangan, dalam peninjauan Gebyar Vaksinasi di Polres Pasaman ini, Kapolda Sumbar juga membagikan bantuan kepada para peserta vaksin dan juga kepada para lansia yang berkenan mengikuti vaksinasi.

Tidak itu saja, Kapolda Sumbar juga menyerahkan penghargaan bagi tenaga medis di daerah itu. Serta penyerahan piagam penghargaan kepada Bhabinkamtibmas nagari Aia Manggih yakni Bripka Kawardi yang telah membantu secara aktif dalam giat vaksinasi diwilayah hukum Polres pasaman dengan capaian vaksinasi di Puskesmas sundatar sebanyak 5.596 jiwa. (zon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here