08/12/2022
Beranda » Kanker Payudara Tempati Urutan Pertama Kanker Terbanyak pada Wanita

Kanker Payudara Tempati Urutan Pertama Kanker Terbanyak pada Wanita

Direktur RSUD dr Rasidin, dr Herlin Sridiani salam membuka kegiatan penyuluhan bahaya kanker.

Padang, rakyatsumbar.id  – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Rasidin, Kota Padang menggelar penyuluhan bahaya kanker kepada puluhan kaum perempuan, Rabu (23/11/2022) lalu.

Kegiatan berlangsung di lantai dua Gedung Manajemen rumah sakit tersebut di buka langsung Direktur RSUD dr Rasidin, dr Herlin Sridiani.

“Kanker payudara menempati urutan pertama kanker terbanyak pada wanita di Indonesia, kebanyakan kasus, kanker terdeteksi sudah stadium lanjut.”

“Oleh karena itu, melalui penyuluhan ini dapat menjadi deteksi dini kanker payudara,”ujarnya saat membuka kegiatan tersebut.

Penyuluhan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58 dan ‘International Pathology Day 2022’.

Kesempatan itu berbarengan dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Penyuluhan Kesehatan tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI), USG Payudara oleh Dokter Spesialis Bedah Onkologi yakni dr. Rahmat Taufik, Sp.B (K) Onk, pemeriksaan Biopsi Aspirasi Jarum Halus (BAJAH) oleh Dokter Spesialis Patologi Anatomik, pemeriksaan golongan darah dan pemeriksaan gula darah oleh Dokter Spesialis Patologi Klinik.

Lebih jauh dikatakan dr Herlin Sridiani, RSUD dr. Rasidin Padang turut berpartisipasi meningkatkan kesehatan warga Kota Padang yang didukung oleh banyaknya dokter spesialis handal. Dirinya menyebut, pihaknya akan selalu membantu warga apabila mengalami gejala kanker.

“Rumah sakit kita siap melayani pasien kanker, di sini kita juga punya komunitas ‘LovePink’,” sebutnya.

Selain itu Direktur RSUD juga menyebut, deteksi dini terhadap kanker mesti dilakukan. Sebab, apabila kanker sudah berada di stadium lanjut akan sulit penanganannya.

“Peran kita di rumah sakit tentu bagaimana caranya dapat mendeteksi dini kanker, jika bertemu (pasien kanker), tentunya akan segera dilakukan pengobatan,” sebut dr Herlin Sridiani.

Sementara, pemateri pada penyuluhan itu, dr. Dini Andri Utami, Sp. PA, menyebut melalui penyuluhan diharapkan masyarakat khususnya wanita dapat lebih peduli dengan kesehatan payudara. Melakukan SADARI secara rutin pada hari ketujuh dan hari kesepuluh, dihitung mulai dari hari pertama haid. Sedangkan bagi wanita yang sudah menopause dapat dihitung dari tanggal yang sama setiap bulannya.

“Lakukan SADARI sejak dini, karena kasus kanker payudara terus bertambah setiap tahunnya,” ujarnya.

Acara ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang yang diwakili dr. Citra Septiyenri Shahnur. Termasuk pengurus Dharma Wanita Kota Padang, serta Komunitas “LovePink” yang beranggotakan para penyintas kanker payudara. Mereka ikut berbagi pengalamannya dalam berjuang melawan kanker payudara sampai bisa bertahan saat ini. Di akhir penyuluhan, dilakukan sesi tanya jawab yang diikuti peserta dengan antusias.

Selain kegiatan pengabdian masyarakat, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 58, sebelumnya RSUD dr. Rasidin telah mengadakan Seminar Kesehatan yang dihadiri oleh Dokter Umum dari seluruh Puskesmas di Kota Padang pada Selasa (1/11/2022). Narasumber seminar ketika itu yakni dr. Riris Juita, Sp.A yang membahas tentang Kegawatdaruratan pada Anak. Kemudian dr. Rahmat Taufik, Sp.B (K) Onk tentang Peranan Layanan Primer dalam Tatalaksana Kanker Payudara Terkini, serta Dr. dr. Anandia Putriyuni, Sp.PA yang menjelaskan tentang Peranan Laboratorium Patologi Anatomik dalam Pelayanan Kesehatan.

Selain itu juga diadakan berbagai lomba yang diikuti oleh seluruh karyawan di RSUD dr Rasidin Padang. Mulai dari lomba solo song, lomba Master of Ceremony (MC), tenis meja, tarik tambang, tahsin, dan sebagainya.(ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.