22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Ivoni Munir Menjadi Oase di Tengah Gurun Politik yang Kian Gersang Gagasan

Ivoni Munir Menjadi Oase di Tengah Gurun Politik yang Kian Gersang Gagasan

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Ivoni Munir ketika menyerahkan BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat Kabupaten Solok

Solok, rakyatsumbar.id—Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Ivoni Munir tunjukkan aksi nyata ke masyarakat, di tengah gonjang-ganjing dan suhu politik yang kian meninggi di tingkat nasional hingga ke tingkat daerah jelang pemilihan tanggal 14 Februari mendatang.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok itu, membantu hampir seribu warga Kabupaten Solok, untuk mendapatkan layanan manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang dulu dikenal dengan Jamsostek.

“Sebagian besar warga di Kecamatan Bukit Sundi, Payung Sekaki dan Tigo Lurah ini sudah mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan gratis. Hal ini merupakan wujud kepedulian kepada warga sekitar yang hampir semua berprofesi sebagai buruh tani yang memiliki risiko kerja cukup tinggi,” kata pria berkacamata yang akrab disapa Mak Poni ini.

Selain itu, Mak Poni juga mengajak masyarakat untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dengan pertimbangan apapun profesi memiliki risiko sendiri-sendiri.

“Adapun program saya yang bantu yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), kedua jaminan tersebut memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan para pekerja peladang dan petani demi meningkatkan kesejahteraan,” tegas Mak Poni yang juga berlatar belakang kesehatan yaitu Profesi Apoteker lulusan Universitas Andalas Padang.

“BPJS ketenagakerjaan juga berperan untuk meningkat kesejahteraan masyarakat, peserta nantinya tidak menerima bentuk uang tapi fasilitas perawatan dan pengobatan sampai sembuh sesuai kebutuhan medis di kelas 1 RS Pemerintah atau RS Swasta yang setara tanpa batasan biaya atau jumlah hari rawat inap saat kita mengalami resiko kecelakaan/penyakit akibat kerja,” katanya.

Lebih lanjut, dr. Maulana mengatakan, BPJS ketenagakerjaan dapat dimiliki oleh siapa saja yang memiliki pekerjaan untuk menafkahi hidup, saat mengalami risiko pekerjaan maka akan dicover oleh BPJS Jamsostek.

BPJS Ketenagakerjaan Pusat dan Cabang Solok mengapresiasi tindakan Wakil Ketua DPRD Kab Solok yang juga tokoh Masyarakat Bapak Ivoni Munir, karena tidak hanya memperhatikan Kabupaten Solok di bidang infrastruktur, pertanian, namun juga kesehatan hingga ketenagakerjaan.

Khusus untuk ketenagakerjaan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan adalah bukti nyata bagi Masyarakat.

Maulana juga menjelaskan, proses pendaftaran menjadi peserta BP Jamsostek sangat mudah, bisa mendaftar melalui online, bisa datang ke kantor pos setempat, atau langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok.

“Salah satu manfaat dari keikutsertaan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, yaitu terkait bantuan santunan kematian dan beasiswa bagi anak sekolah TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi S1,” ujarnya.

Warga Kinari, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, Yenti Eriani mengatakan dirinya bersama rekam-rekannya, hampir setiap hari ke Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, bekerja sebagai peladang bersama puluhan warga lainnya.

“Dengan adanya BPJS ini, kami merasa terlindungi dari berangkat kerja, di tempat kerja dan pulang kerja kembali ke rumah, terima kasih untuk BPJS Tenaga kerja dan Mak Poni yang peduli dengan kami para peladang dan petani,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu Warga Penerima Manfaat BPJS Ketenagakerjaan yaitu Sulastri yang berasal dari Nagari Parambahan, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, menyampaikan bahwa dirinya sangat berterima kasih karena dibayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaannya oleh Mak Poni

“Kami setiap hari kerja ladang ke lembah gumanti, dan sering terjadi kecelakaan di jalan, dengan adanya kartu BPJS Tenaga Kerja ini, kami merasa senang dan berterimakasih untuk Mak Poni yang membayarkan gratis tiap bulan,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Alfian warga Kubang, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok.

“Terimakasih untuk BPJS Tenaga Kerja dan Bapak Ivoni Munir untuk kami sekeluarga dan dunsanak kami di Kubang yang hampir ratusan ikut program ini, beliau adalah oase di tengah gurun politik yang kian gersang akan gagasan akhir-akhir ini,” ungkapnya. (wel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.