05/03/2024
Beranda » HKN ke-59, RSUP M Djamil Padang Gelar Tabur Bunga ke Makam Drm Moh. Djamil

HKN ke-59, RSUP M Djamil Padang Gelar Tabur Bunga ke Makam Drm Moh. Djamil

Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, RSUP M Djamil Padang lakukan tabur bunga ke makam DR. Moh Djamil, arts DPH Dt Rangkayo Toeo yang berada di Jalan Anduriang 2 x 11 Kayu Tanam, Padang Pariaman.


Padang, rakyatsumbar.id – Tabur bunga itu turut dihadiri oleh Gubernur Sumbar, Direktur Utama RSUP M Djamil Padang Dovy Djanas beserta jajaran, Prokopimda Sumbar, mantan Direktur RSUP M Djamil Padang dan keluarga Besar DR. Moh Djamil.

Dalam kegiatan itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan, beliau merupakan salah satu tokoh pahlawan dari Sumatera Barat.

“Kita berharap usulan beliau sebagai Pahlawan Kesehatan Nasional bisa disetujui oleh Kementrian Sosial,” ujar Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Kamis (2/11)

Direktur Utama (Dirut) RSUP Dr. M. Djamil Padang Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG(K) MARS dalam kesempatan tersebut Pemprov Sumbar melalui Gubernur Sumbar memperjuangkan Alm M. Djamil sebagai pahlawan nasional.

“Kita berharap, melalui HKN ke – 59 ini, Pemprov Sumbar memperjuangkan M. Djamil sebagai pahlawan nasional. Apalagi pengorbanan dan dedikasi almarhum saat berjuang merebut kemerdekaan layak untuk dijadikan sebagai pahlawan nasional, ” ucapnya.

Selain itu, Dovy Djanas berharap, makam dan kediaman M. Djamil di Kayu Tanam dapat di jadikan sebagai obyek wisata edukasi bagi masyarakat Indonesia.

“Kayu Tanam banyak melahirkan pejuang bangsa ini. Oleh karena itu, kita berharap makam dan rumah beliau dapat dijadikan obyek wisata edukasi bagi masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Dovy Djanas menambahkan, Dr. M. Djamil tidak hanya berjasa pada dunia kesehatan, tapi juga merupakan pejuang kemerdekaan Indonesia, dibuktikan dengan dirinya yang pernah menjabat sebagai Gubernur Sumatera Tengah pada zaman penjajahan. Bahkan, Dr. M. Djamil merupakan orang Indonesia pertama yang meraih gelar doktor di dua universitas terkemuka di luar negeri.

”Ini membuktikan bahwa orang-orang Sumbar memiliki kemampuan yang luar biasa. Ini yang harus kita tiru dan lanjutkan bagaiman Dr. M. Djamil Padang sangat memiliki kontribusi besar pada dunia kesehatan,” ujarnya.

Diketahui DR. Moh Djamil merupakan seorang Pahlawan Kesehatan yang lahir pada 23 November 1898 di Kayu Tanam, 2×11 Enam Lingkung, Padang Pariaman.

Ia tercatat merupakan lulusan STOVIA (1924), kemudian Universitas Utrech Belanda (1932/Dokter Penyakit Dalam), dan Universitas Jhon Hopkins Maryland Amerika Serikat (1934/Dokter Kesehatan Masyarakat).

Setelah menyelesaikan pendidikan, M Djamil tidak hanya menjalankan profesinya sebagai dokter. Tapi juga menjabat sebagai residen ketiga Sumatra Barat dan gubernur muda Sumatera Tengah di masa perang kemerdekaan.

Namanya sendiri telah diabadikan oleh RSUP M Djamil Padang yang berlokasi di Padang sebagai nama rumah sakit berdasarkan Surat Keputusan Menkes RI No. 134 Tahun 1978.(edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.