15/06/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » HIMA Sejarah Unand Bekali Angkatan Muda Jalani Kehidupan Kampus Lebih Bersemangat

HIMA Sejarah Unand Bekali Angkatan Muda Jalani Kehidupan Kampus Lebih Bersemangat

HIMA Sejarah Unand bekali angkatan muda, hal ini dalam menjalani kehidupan kampus lebih bersemangat.


Padang, rakyatsumbar.id -Himpunan Mahasiswa(HIMA) Departemen Ilmu Sejarah Universitas Andalas Padang mengadakan Kemah Orientasi Hima Sejarah di Lumin Camp Lubuak Minturun Padang, baru-baru ini.

Kegiatan merupakan lanjutan kegiatan LKKM-TD yang juga bagian dari rangkaian Pengakuan Mahasiswa Sejarah angkatan 2022 sebagai anggota aktif Hima Sejarah. Kegiatan ini diikuti peserta wajib mahasiswa sejarah angkatan 2022 sebanyak 97.

Ketua Departemen Ilmu Sejarah Unand Dr. Zulqayyim. M.Hum mengatakan kegiatan ini menjadi langkah awal untuk menjalani kehidupan kampus lebih bersemangat.

“Mahasiswa dapat mengikuti setiap program yang sudah dirancang baik itu program departemen maupun himpunan seperti pertukaran mahasiswa, seminar, penelitian lapangan, dan lainnya,”ujar Zulqayyim.

Ketua HIMA Sejarah Unand Taufik Eka Osvi Arrahim mengungkapkan anggota muda yang sudah menjadi anggota aktif nantinya mampu menumbuhkan motivasi berkegiatan dalam himpunan.
“Motivasi itu bisa muncul dari mana saja, salah satunya mengikuti program himpunan yang sudah dirancang,”kata Taufik.

Menurut salah satu alumni Sejarah angkatan 2016 Zandi Azami, kegiatan ini merupakan perintis untuk kegiatan pengkaderan selanjutnya. Kegiatan hadir kembali setelah 7 tahun hilang.

Program Merapekan Nan Ranggang (MENARA) yang dikoordinatori Divisi PSDM Himpunan Mahasiswa Sejarah ini, sebagai wadah untuk mahasiswa agar lebih dekat dan saling mengenal satu sama lain.

Selain itu, kegiatan ini sesungguhnya merupakan wadah pembekalan terkait berbagai aspek dasar keorganisasian yang perlu diketahui setiap Mahasiswa Departemen Ilmu Sejarah Angkatan Muda. Mereka terus fokus mengembangkan diri baik di bidang akademik maupun bidang organisasinya.

Taufik Eka menjelaskan Kemah Orientasi Hima Sejarah (KOHS) merupakan kegiatan tahap kedua dan terakhir yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kerjasama, dan kemampuan beradaptasi dalam konteks tim dan organisasi.

Angkatan muda juga akan mendapatkan pembekalan materi lebih lanjut seperti kepemimpinan, Critical Thingking, Public Speaking, Manajemen Organisasi dan Analisis Sosial.

Melalui serangkaian kegiatan di luar ruangan atau di alam terbuka, mahasiswa angkatan muda akan diberikan pengalaman yang intens dalam membangun hubungan tim yang kuat, mengatasi hambatan, dan merumuskan solusi kreatif.

“Target utama kegiatan ini adalah membuat mereka merasa diterima, siap untuk sukses, dan terhubung dengan komunitas kampus. Selain itu, pelantikan juga dapat menjadi momen inspiratif dan membangkitkan semangat mahasiswa angkatan muda dalam menjalani studinya,”tukasnya.

Rangkaian kegiatan KOHS hari pertama tanggal 6 Oktober dimulai pukul 08.30 – 11.30 dengan agenda FGD bersama peserta dengan dibagi dalam 10 kelompok.Materi terkait Hima Sejarah diantaranya kepemimpinan, Manajemen Organisasi dan Critical Thingking.

Rangkaian kegiatan hari kedua dimulai kegiatan senam kewer-kewer dilanjutkan agenda penyampaian materi publik speaking dan analisis sosial. Pada sore hari, game lomba estafet karet, estafet kain sarung, yel-yel terbaik tiap kelompok dan bola licin.

Rangkaian kegiatan ditutup pengucapan sumpah dan janji sebagai anggota HIMA Sejarah yang dibacakan Ketua Taufik Eka serta pengesahan dengan memakaikan baju HIMA Sejarah kepada perwakilan mahasiswa sejarah 2022. (*/edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.