02/12/2022
Beranda » Hidayat : Waspadai Tindak Kejahatan Saat Covid-19

Hidayat : Waspadai Tindak Kejahatan Saat Covid-19

Ekonomi Seret Jadi Faktor Pendorong

Padang, Rakyat Sumbar– Anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Hidayat mengingatkan agar masyarakat mewaspadai tindak kejahatan, yang dikhawatirkan melonjak saat ini, di tengah wabah virus corona Covid-19 melanda.

Dean asal daerah pemilihan Kota Padang ini menilai, kondisi melemahnya ekonomi akibat Covid-19, dapat mendorong naiknya angka tindak kejahatan.

“Melemahnya ekonomi jelas salah satu faktor, jadi kita minta masyarakat jangan abai,” ingat dia, Selasa (01/04/2020).

Jelas dia, saat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk, melakukan aktivitas dari rumah. Beberapa jenis profesi mengalami gangguan ekonomi. Dengan damapak yang ditimbulkan, biasanya diiringi dengan peningkatan kriminalitas.

Terkait ekonomi menurutnya, pemerintah daerah harus berupaya mencari metode strategis dalam menanggulangi dampak di masyarakat. Terutama mereka yang berpenghasilan harian.

“Jika situasi di lapangan mengharuskan pemerintah turun tangan mengatasi dampak pelemahan ekonomi ini, bantuan harus diberikan tepat sasaran,” tegas Hidayat.

Untuk bantuan langsung, menurut dewan dari Fraksi Gerindra ini, pendataan harus dilakukan pihak berwenang sehingga jelas mana masyarakat yang memang membutuhkan dibantu dan yang tidak.

Terakhir dia mengingatkan, untuk masyarakat berbelanja kebutuhan harian, jangan dilakukan pada larut malam, kejahatan rentan terjadi pada jam-jam tersebut.

” Jika ingin berbelanja sebaiknya pada sore atau siang hari, jika mendesak pada malam hari, pergilah bersama rekan dan menggukan Alat Pelindung Diri (APD). Seperti masker,” tutup Hidayat. (isr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.