Hebat, Tiga Kombes di Polda Sumbar Lulus Seleksi Sespimti

1641
Dirlantas Polda Sumbar, Kombespol Yofie Girianto Putro, (kiri) Dirreskrimum Polda Sumbar, Kombespol Imam Kabut Sariadi, (tengah) dan Dirintelkam Polda Sumbar, Kombespol Heri Prianto, (kanan). Tiga Pamen ini akan mengikuti Sespimti pada tahun depan.

Padang, Rakyat Sumbar.Id — Tiga pejabat utama (PJU) Polda Sumbar, lulus seleksi Sespimti (Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi) Polri. Ketiga perwira menengah (Pamen) berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombespol) akan mengikuti pendidikan Sespimti.

“Hasil tes telah diumumkan oleh SDM Mabes Polri, siang tadi. Tga orang Pamen Kombes dari Polda Sumbar yang ikut, semuanya lulus Sespimti,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombespol Stefanus Satake Bayu Setianto, Jumat (15/10) sore.

Ia menjelaskan, ketiga Pamen yang ikut dan lulus Sespimti adalah Dirreskrimum Polda Sumbar, Kombespol Imam Kabut Sariadi, Dirlantas Kombespol Yofie Girianto Putro, dan Dirintelkam, Kombespol Heri Prianto.

“Peringkatnya juga telah diumumkan, Kombes Imam rangking 10, Kombes Yofie peringkat 13 dan Kombes Heri nomor 29. Pengumumannya dilakukan secara Daring,” ucap Satake Bayu, alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1992.

Menurut Satake Bayu, setelah dinyatakan lulus seleksi, ketiga PJU Polda Sumbar itu akan mengikuti pendidikan sekitar tujuh bulan di Sempimti Lemdiklat Polri, Lembang, Jawa Barat,

“Sebelum mereka mengikuti pendidikan di Lembang, mungkin akan ada pergantian jabatan atau mutasi di Polda Sumbar,” ungkap Satake Bayu.

Ia menyampaikan, pendidikan Sespimti adalah sekolah pembinaan untuk membentuk karakter calon perwira tinggi (Pati) Polri.

“Selama tujuh bulan itu, mereka akan mengikuti pendidikan Sespimti bersama personel Polri yang lain, mungkin juga ada perwakilan personel TNI, atau bisa juga polisi dari luar negeri,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Sumbar, Kombespol Defrian Donimando, mengatakan pendidikan Sespimti akan dimulai pada Maret 2022.

“Sespimti salah satu jenjang pendidikan yang harus dilalui personel khususnya yang dari Akpol untuk menjadi Pati, dan berkemungkinan akan ada mutasi,” sebut Defrian.

Ia menyampaikan, tiga orang perwakilan Polda Sumbar itu lulus setelah mengikuti seleksi tingkat pusat Dikbangpimti, yang terdiri dari Sespimti Polri, Lemhanas, dan PKN I.

“Di Polda hanya ikut Sespimti. Total kuotanya ada sebanyak 110 orang, sedangkan kuota untuk Sespimti ada 56 orang, dan pendidikan akan dilaksanakan di Sespimti Lemdiklat Polri,” tuturnya.

Ia mengkahiri, hasil tidak akan mengkhianati pores, sebab ketika mereka siap, maka mereka akan mendapatkannya. Selain itu, hasil tersebut juga berkat kerja keras yang maksimal.

“Selamat atas kelulusan, kemudian persiapan diri untuk menempuh pendidikan nanti kepada mereka  semua,” pungkasnya. (byr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here