Gebyar Menulis Akhir Tahun Dibuka Secara Resmi Kadisdik Sumbar, Sekolah Diminta Perbanyak Pelatihan Literasi

1551
Rangkaian Gebyar Menulis Akhir Tahun Rakyat Sumbar kerjasama Harian Umum Rakyat Sumbar, PT Semen Padang, Dinas Pendidikan Sumbar dimulai secara resmi oleh Kadis Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, di SMKN 7 Padang

Padang, rakyatsumbar.id—Gebyar Menulis Akhir Tahun dilaksanakan Harian Umum Rakyat Sumbar selama November – Desember 2021. Kegiatan dalam meningkatkan literasi di dunia pendidikan ini mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri.

“Kita berterimakasih Harian Umum Rakyat Sumbar menjadi media yang terus memberikan kontribusinya dalam peningkatan literasi di Sumbar. Kita sangat mengapresiasi usaha dan upaya yang dilakukan dalam melakukan pelatihan literasi di berbagai sekolah di Sumbar,” sebut Adib Alfikri saat membuka kegiatan ini di SMKN 7 Padang, Senin (08/11/2021).

Ia mengatakan, potensi literasi harus menjadi program di seluruh sekolah. Sebagai bentuk dukungannya terhadap semangat berliterasi di Sumbar, Disdik Sumbar akan memperlombakan hasil karya literasi dari siswa-siswi di Sumbar.

“Tidak mungkin dunia pendidikan kosong tanpa ada karya tulis. Salah satu upaya kita dalam menggairahkan dunia literasi di sekolah dengan menggandeng stakeholder yang memang bergiat di dunia literasi. Kita sangat dukung sekali pelatihan literasi yang dilaksanakan Harian Umum Rakyat Sumbar ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, di tahun 2022 akan dilaksanakan lomba literasi di sekolah. Untuk itu ia mengharapkan di penghujung tahun 2021 ini, setiap sekolah mulai mempersiapkan diri dengan mengadakan berbagai kegiatan pelatihan literasi.

“Sekolah harus berupaya memotivasi siswa dalam hal berliterasi. Untuk menghasilkan siswa-siswa yang bertalenta dalam menghasilkan karya tulis. Tentunya para guru juga perlu meningkatkan kemampuan berliterasi ini,” ungkapnya.

Kepala SMKN 7 Padang Ir Herawati menyampaikan terimakasihnya dijadikan sekolahnya sebagai lokasi dibukanya Gebyar Menulis Akhir Tahun Harian Umum Rakyat Sumbar. Ia sangat mendukung upaya dalam menggalakan literasi di sekolah tersebut.

“Dalam Gebyar Menulis Akhir Tahun ini kita melibatkan sebanyak 500 orang siswa siswi di SMKN 7 Padang. Selain itu, kita juga mengundang siswa-siswi SMP yang berada di sekitar SMKN 7 Padang,” ucapnya.

Herawati menjelaskan kegiatan literasi yang dilaksanakan Harian Rakyat Sumbar ini sangat sejalan dengan program Literasi di Sekolah dalam pelaksanaan Kurikulum 2013.

“Kami siap membuka diri untuk Harian Umum Rakyat Sumbar untuk melakukan pelatihan literasi di sekolah ini. Memberikan pelatihan dan pembinaan siswa-siswa kami untuk meningkatkan kemampuan literasinya,” ungkapnya.

Pengawas Binaan SMK N 7 Padang Ade Rustam MM menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan Harian Umum Rakyat Sumbar dapat menciptakan siswa yang berkualitas. Selain memiliki kemampuan di bidang akademik, juga memiliki kemampuan dalam menulis sebagai bagian dari pengembangan diri.

“Literasi merupakan langkah awal bagi siswa yang berkualitas. Menulis dapat membuat siswa berdisiplin dan berwawasan. Selain itu, dengan menulis, seorang siswa dapat menjadi seorang pendengar yang baik sehingga dapat mencerna penjelasan guru di depan kelas,” ucapnya.

Direktur Harian Umum Rakyat Sumbar Firdaus Abie menyampaikan, Gebyar Menulis Akhir Tahun merupakan program yang ditujukan untuk pelajar, mahasiswa dan guru se-Sumbar. Didukung PT Semen Padang dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Ada puluhan sekolah dan kampus di Sumbar yang akan dikunjungi tim Harian Umum Rakyat Sumbar.

“Setiap lokasi yang didatangi, akan diberikan materi pelatihan menulis. Materi yang diberikan tergantung kepada kebutuhan di sekolah bersangkutan. Ada yang meminta pelatihan menulis jurnalistik, karya sastra (Cerpen dan puisi), artikel ilmiah populer, teknik mengelola tabloid/majalah dan online sekolah dan lainnya,” jelas jurnalis yang saat ini juga menjabat Pemimpin Redaksi Harian Umum Rakyat Sumbar tersebut.

Ia menyampaikan, program literasi merupakan program unggulan di Rakyat Sumbar yang telah berlangsung beberapa tahun belakang. Sudah banyak siswa dan mahasiswa yang menjadi binaan Bengkel Literasi Harian Umum Rakyat Sumbar.

“Bahkan selama pandemi, kita tetap mengadakan kegiatan pelatihan yang dilakukan secara daring. Ketika pertemuan tatap muka (PTM) telah kembali dibuka, kami akan hadir langsung untuk memberikan pelatihan menulis untuk mengembangkan semangat literasi di Sumbar,” ungkapnya. (edg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here