01/03/2024
Beranda » DPP IKA Unand : Sukseskan Pilkada, Jangan Atasnamakan IKA Unand dalam Berpolitik

DPP IKA Unand : Sukseskan Pilkada, Jangan Atasnamakan IKA Unand dalam Berpolitik

Wakil Rektor III Unand, Insanul Kamil bersama DPP IKA Unand saat menjamu awak media di sebuah restoran, Rabu (18/11/2020).

Padang, Rakyat Sumbar— Menyikapi baliho yang menyatakan Alumni Unand Dukung Mahyeldi sebagai calon gubernur Sumbar periode 2021-2024, Pengurus DPP IKA Unand, Yul akhyari Sastra menjelaskan, Ika Unand telah membuat maklumat tentang pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 yang ditandatangani langsung oleh Ketua DPP IKA Unand Dr. Asman Abnur., MSi dan Sekretaris Jenderal Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, MP, Senin (17/11/2020) lalu.

Maklumat tersebut menjelaskan, DPP IKA Unand sebagai wadah organisasi tempat berhimpunnya alumnus Universitas Andalas tidak terikat kepada organisasi sosial dan politik sesuai amanat dalam anggaran dasar IKA Unand.

“Ika Unand tidak terikat kepada organisasi sosial politik yang sesuai dengan anggaran dasar IKA Unand. Selain itu, sebagai warga negara Indonesia, setiap individu memiliki hak kebebasan berpolitik dalam hal menyalurkan aspirasi dan pilihan politiknya yang berbeda,” ucap Yul Akhyari Sastra saat menjamu makan siang awak media di sebuah restoran Kota Padang, Rabu (18/11/2020).

Lebih lanjut, dalam pilkada serentak yang berlangsung Desember 2020 yang akan datang, IKA Unand mengapresiasi kelompok alumni Unand yang melakukan aktivitas politik dengan menjadi tim sukses salah seorang paslon kepala daerah dalam pilkada 2020.

“Merupakan hak alumnus dalam membela dan menjadi tim sukses salah satu paslon yang bertarung dalam Pilkada 2020 yang akan datang. Kami sangat menghormatinya jika ada alumnus yang melakukan kegiatan politiknya dalam Pilkada serentak 2020 yang akan datang,” jelasnya.

Dalam menghadapi Pilkada 2020 yang akan datang, IKA Unand menghimbau alumnus agar melakukan aktivitas politik dan selalu menjunjung tinggi  marwah dan nama baik almamater Universitas Andalas.

“Agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari, DPP IKA Unand menegaskan alumnus dalam menyalurkan aspirasi politiknya tidak mengatasnamakan IKA Unand secara organisasi, dan tidak menggunakan nama dan logo IKA Unand, termasuk memakai logo Universitas Andalas sebagai penghormatan kepada independensi almamater Universitas Andalas,” tegasnya.

IKA Unand juga mengajak semua eksponen alumni Universitas Andalas untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan cara memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“DPP IKA Unand menghimbau kepada alumnus untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang merupakan kontribusi utama dari alumnus dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutupnya. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.