17/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Catatkan Sejarah, Sumbar Kini Punya Dua Master Catur Nasional Wanita

Catatkan Sejarah, Sumbar Kini Punya Dua Master Catur Nasional Wanita

Ketua KONI Sumbar, Ronny Pahlawan (kiri) saat menyambut kedatangan dua pecatur nasional wanita asal Sumbar di Bandara Internasional Minangkabau, Senin (20/3/2023) sore.

Padang, rakyatsumbar.id – Kini Sumatera Barat memiliki dua Master Catur Nasional Wanita yang dipegang oleh Julia Ayuningsih dan Deli Yuliana.

Tak itu saja, Ranah Minang juga punya  Master Catur Percasi atas nama Z.E Defrizon usai.

Tiga gelar itu diperoleh usai menjalani Kejurnas Catur PB Percasi ke-49 di Jakarta, baru-baru ini.

Ketua KONI Sumatera Barat Roni Pahlawan saat menjemput atlet catur Sumbar dan rombongan di Bandara Internasional Minangkabau, Senin (20/3/2022) sore bersyukur karena dalam kondisi olahraga Sumbar saat ini, Percasi Sumbar bisa menghasilkan prestasi luar biasa.

“Ini pertama kali Sumbar memiliki Master Catur Nasional Wanita dan juga Master Percasi meski dalam kondisi terbatas,” kata dia.

Ia berharap ini dapat menggairahkan atlet lain terus berprestasi mengharumkan nama Sumatera Barat di cabang olahraga masing-masing.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kita di tengah kondisi sulit seperti yang diketahui semua orang. Catur memberikan prestasi yang luar biasa,” katanya.

Ketua Percasi Sumbar Abdul Gaffar bersyukur atas prestasi atlet ia berharap capaian ini ditingkatkan lagi.

“Kondisi kita yang apa adanya kita berangkat Kejurnas, namun meraih hasil optimal dan ini hasilnya bagus. Dalam kondisi kesulitan kita berhasil meraih prestasi,” katanya.

Hentikan Perseteruan Antara Pemprov dan KONI Sumbar

Ia berharap Pemprov Sumbar dan KONI Sumbar menghentikan perseteruan dan kembali bersinergi agar seluruh cabang olahraga yang ada dapat beraktifitas kembali.

“Kita ikut Kejurnas ini diwakilkan ke Kota Padang dan mereka yang tanggung seluruh biaya,” katanya.

Menurut Abdul Gafar untuk potensi atlet catur Sumbar berada di papan tengah dan jika berhasil meraih juara tentu akan sangat memuaskan. Namun jika bertemu tim dari Pulau Jawa, memang posisi Sumbar di bawah mereka.

“Kita terus berupaya memberikan yang terbaik dalam pertandingan yang dijalankan,” katanya

Ketua KONI Kota Padang, Yusra mengatakan ini anugerah dalam keadaan gonjang ganjing KONI Sumbar yang terjadi saat ini dan setelah Indonesia merdeka baru kali ini Sumbar memiliki Master Nasional.

“Untuk meraih gelar ini atlet harus mampu mencapai target 60 persen kemenangan dari jumlah pertandingan yang mereka jalankan,” katanya.

Menurut Yusra, atlet ini akan mewakili Sumbar di ajang Pra PON nantinya dan diharapkan mampu memberikan prestasi bagi Sumbar.

“Kejurnas Catur Percasi ini diikuti 1.500 peserta dari seluruh Indonesia dan kita berhasil meraih dua gelar master. Ini kebanggan bagi Sumbar,” pungkasnya. (rif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.