25/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Camat Batang Kapas Dinilai Tim Provinsi, Wakili Pesisir Selatan di Tingkat Sumbar

Camat Batang Kapas Dinilai Tim Provinsi, Wakili Pesisir Selatan di Tingkat Sumbar

Camat Batang Kapas dinilai Tim Provinsi, Wakili Pesisir Selatan di tingkat Sumbar.


Painan, rakyatsumbar.id  – Camat Batang Kapas Denny Anggara terpilih sebagai camat berprestasi Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan dan saat ini sedang kompetensi camat Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023, yang diikuti oleh 16 camat terbaik dari 19 Kabupaten/Kota se Sumbar.

Dari penilaian tahap I, Deni Anggaran terpilih menjadi 6 besar dan penilaian tahap II (kunjungan lapangan) akan dilaksanakan pada Selasa (29/8), dimana tim penilainya diantaranya Alwis (mantan Sekdaprov Sumbar), Aristo munandar (mantan Bupati Agam 2 periode) dan Andri Yulika (Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sumbar).

Dimana, pada penilaian ini untuk beraudiensi dengan seluruh elemen masyarakat Batang Kapas serta menggali kesesuaian yang disampaikan saat penilaian tahap I.

Camat Batang kapas Denny Anggara mengungkapkan dia telah mengabdi di Kecamatan Batang kapas selama 1 tahun 8 bulan, dan telah melakukan beberapa kegiatan serta mengembangkan beberapa inovasi-inovasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

“Banyak hal yang telah kita lakukan baik itu di bidang pemerintahan, Pembangunan, Sosial masyarakat hingga bidang pelayanan Publik yang melahirkan inovasi inovasi,” ucapnya.

Dijelaskannya, inovasi yang telah dilaksanakan di Kecamatan Batang kapas diantaranya Lakon Penari atau Layanan Konsultasi Pemerintah nagari, Sapa Aparatur Nagari atau Layanan Online Apel Pagi Perangkat Nagari, Colek atau Cek monitoring Lihat Evaluasi Kinerja nagari, Nada Pedas atau Nagari Sadar Pelayan Dasar, Jumat Bersih Bersama warga , Ingek atau Intervensi Program dan Edukasi Konseling Stunting, Rapor ( Paparan, Penilaian, Prioritas) usulan kegiatan musrenbang, Nagari Wisata, Bako Melati ( Lembaga Ekonomi Mengolah lahan Tidur dan layanan 5 menit surat siap.

Dengan inovasi yang telah dilahirkan oleh Deni Anggara beberapa stakeholders dan masyarakat sangat mengharapkan hasil terbaik dari kompetensi ini, apalagi selama berkiprah di Batang Kapas camat menjalankan kinerja sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dan dengan keterlibatan camat dalam kompetensi ini bisa mengharumkan nama Batang Kapas dan Kabupaten Pesisir Selatan di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Seperti yang disampaikan oleh Wali Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiak Batang kapas Ulil Amri , menurutnya camat mampu melahirkan inovasi yang berbeda sehingga mampu membuat perobahan nagari, dan mengarahkan pembangunan kearah yang lebih baik.
Senada disampaikan oleh Wali Nagari Taratak Tamatih Zaimal, menurutnya Camat Batang Kapas luar biasa, mampu melakukan pendekatan dengan masyarakat dengan sebaik baik mungkin.

“Kita berharap camat Batang Kapas bisa menjadi yang terbaik, dengan inovasi yang telah dilahirkan bisa menjadi contoh bagi yang lain, kalau Deni Anggara bisa menjadi pemenang akan membuat Kecamatan Batang Kapas menjadi contoh bagi daerah lain,” ucapnya

Sementara itu Kepala DPMDPPKB Zulkifli menjelaskan penilaian Camat tingkat Provinsi ada tiga aspek utama yang menjadi kriteria yakni aspek pemerintahan dan pembangunan, aspek pengelolaan keuangan dan aspek kemasyarakatan.

Dari ketiga aspek tersebut, akan diajukan beberapa pertanyaan kepada masyarakat seperti pemberian pelayanan prima kepada masyarakat, kemampuan mengatasi persoalan-persoalan yang muncul di tengah-tengah masyarakat dan lain sebagainya.

“Tujuan penilaian kompetensi ini bukan hanya sekedar memilih Camat terbaik, namun juga sebagai wadah pembinaan kepada Camat dalam menjalankan tugas-tugas kepemerintahannya,” tukasnya.

Zulkifli berharap Deni Anggara mampu menjadi yang terbaik peringkat pertama tingkat Provinsi Sumbar dan menjadi utusan tingkat Nasional nantinya. (rik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.