22/02/2024
Beranda » Bertarung di Pilwana , Ronaldi Ingin Majukan Nagari Baringin

Bertarung di Pilwana , Ronaldi Ingin Majukan Nagari Baringin

Calon Walinagari Baringan Ronaldi saat menyampaikan visi dan misinya

Batusangkar, rakyatsumbar.id – Pemilihan Walinagari (Pilwana) Baringin Kecamatan Lima Kaum tinggal hitungan hari. Tahapan Pilwana itu sendiri sudah sampai pada penyampaian visi dan misi Calon Walinagari.

Lima Calon Walinagari Baringin menyampaikan visi dan misi di aula Wali Nagari setempat disaksikan H. Irman Idrus Walinagari Baringin, Ketua KAN, dan BPRN serta lembaga unsur.

Ronaldi salah satu Calon Walinagari nomor urut empat sosok pemuda energik yang sudah terjun dan mendedikasikan pemikiranan dan tenaganya untuk kemajuan Nagari Baringin.

Ronal, begitu ia biasa disapa ini lahir di Bukitgombak pada tanggal 03 Oktober 1986 lalu, merupakan anak pertama dari empat bersaudara tamatan Sekolah Tinggi Ilmu Perdagangan dengan IPK 3.25

Ia mengatakan kebulatan tekatnya untuk membangun Nagari Baringin merupakan dedikasinya untuk membangun nagari.

a menyatakan mengusung visi menciptakan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih, agar tercipta penghidupan masyarakat yang sejahtera dan makmur, serta melestarikan budaya berlandaskan Adat basandi syara, syarak basandi kitabullah.

Ronal menuturkan, visi yang diusungnya dibarengi dengan dengan beberapa misi yaitu menciptakan sistem penyelenggara pemerintah yang baik, bersih dan transparan.

Misi yang kedua adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui program pemberdayaan.

Selanjutnya mengembangkan potensi sumber daya yang ada di nagari dengan pendekatan kearifan lokal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Misi keempat berkolaborasi dengan semua stake holder ranah maupun rantau untuk mewujudkan pembangunan nagari.

Ronaldi yang merupakan koordinator pemuda Bukitgombak ini, misi kelimanya melakukan penguatan dilembaga ekonomi nagari.

Untuk Misi keenam Ronaldi menitikberatkan untuk meningkatkan sumber daya manuasia serta pemahaman dan pengamalan norma-norma agama dan adat istiadat.

Sementara pada misi ketujuh pemuda yang aktif dalam berbagai kegiatan pemuda dan agama ini akan mengorganisir kaum muda nagari dan meningkatkan perannya sebagai kader pembangunan nagari dan kader pemimpin nagari kedepannya.

Syarat Pengalaman Organisasi

Setelah mengetahui Visi dan Misi Ronaldi sosok ramah nan murah senyum ini, kami akan memaparkan pengalaman organisasinya.

Ronaldi merupakan merupakan bendahara Ikatan Pencak Silat Indonesia IPSI Tanahdatar tahun 2019 – 2023.

Ia juga sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Kabupaten Tanahdatar dari tahun 2018 – 2023, Ronal juga aktif di KNPI Kabupaten Tanahdatar sejak tahun 2016 lalu.

Pada tahun 2007 lalu, sebelum dirinya menyelesai pendidikan S1, ia kader pemberdayaan nagari Nagari 2007 – 2008, selanjutnya pendamping lokal kecamatan pada program PMPN Mandiri 2008 – 2010.

Tahun 2010 – 2015 Ronaldi menjadi operator komputer tingkat kabupaten masih pada program PMPN Mandiri, terakhir mulai 2015  sampai saat ini  ia merupakan Pendamping Lokal Desa dalam program P3MD di Nagari Cubadak. (ned)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.