22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Audiensi dengan Gubernur, PLN Paparkan Kesiapan Pasokan Listrik Sumbar Saat Ramadan dan Idulfitri

Audiensi dengan Gubernur, PLN Paparkan Kesiapan Pasokan Listrik Sumbar Saat Ramadan dan Idulfitri

Audiensi dengan Gubernur, PLN Paparkan kesiapan pasokan listrik Sumbar saat Ramadan dan Idulfitri.


Padang, rakyatsumbar.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat siap menjaga keandalan pasokan energi listrik jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Seperti yang disampaikan Eric, General Manager PLN UID Sumbar dalam audiensi bersama Gubernur Provinsi Sumatera Barat, H. Mahyeldi, di Istana Gubernur pada Sabtu (23/03).

Eric menyebut bahwa seluruh pasokan listrik aman untuk wilayah Sumbar dan sekitarnya sehingga masyarakat dapat menikmati lebaran dengan nyaman dan aman di Ranah Minang. Pasokan daya kelistrikan Sumbar saat ini adalah 739,4 Megawatt (MW) dengan beban puncak atau pemakaian maksimal rata-rata tertinggi 617,2 MW, artinya masih ada cadangan pasokan daya sebesar 14,3%

“Dengan cadangan daya sebesar ini, PLN optimis dapat memberikan listrik berkualitas terbaik kepada 1,6 juta pelanggan PLN di Sumbar. PLN juga siap dengan tambahan pemakaian listrik dalam jumlah besar selama Ramadan hingga Idul Fitri,” jelas Eric.

Eric menambahkan bahwa menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, akan ada 176 Posko Siaga PLN yang terdiri dari 1359 petugas yang berjaga mengawal 24 jam sistem kelistrikan mulai Ramadhan hingga H+7 Idul Fitri 1445 H.

“PLN juga berterima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholder khususnya Pemprov Sumbar sehingga seluruh lini PLN memiliki semangat dalam memulihkan kelistrikan pasca bencana banjir dan longsor di beberapa lokasi Sumatera Barat,” ungkapnya lagi.

Eric menjelaskan bahwa empat hari setelah hujan ekstrem, seluruh titik terdampak telah berhasil ditangani. “Tengah malam di penghujung Senin, 11 Maret 2024, seluruh gardu telah dipulihkan dan pelanggan dapat kembali menggunakan listrik dengan tenang dan nyaman,” ujarnya.

PLN UID Sumbar bergerak cepat dalam melakukan perbaikan di berbagai lokasi terdampak. Sebanyak 128 personel ditugaskan untuk melakukan pemulihan jaringan kelistrikan di titik-titik yang terkena dampak cuaca ekstrem. Selain itu, PLN UID Sumbar menyediakan puluhan Unit Genset Bergerak (UGB) dan melakukan pemantauan kontrol dari operasi sistem PLN UP2D Sumbar untuk mempercepat normalisasi pasokan listrik.

Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi mengapresiasi kinerja baik PLN dalam melayani masyarakat Sumatera Barat dan menyatakan kesiapannya untuk mendukung PLN dalam mengoptimalkan pelayanan listrik kepada masyarakat.

“PLN luar biasa, bergerak cepat dalam memulihkan listrik pasca banjir lalu dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Sumatera Barat, terutama di momen penting seperti Ramadhan dan Idul Fitri ini. Mari kita tingkatkan sinergi dan kawal momen siaga ini bersama-sama, agar masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan aman dan nyaman tanpa ada gangguan kelistrikan sama sekali,” jelasnya. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.