19/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Aplikasi “Padang Kiniko” Media Aduan Masyarakat Kota Padang

Aplikasi “Padang Kiniko” Media Aduan Masyarakat Kota Padang

Walikota Padang Hendri Septa saat meresmikan aplikasi Padang Kiniko.

Padang, rakyatsumbar.id – Agar aspirasi warga tak tersumbat, Pemerintah Kota Padang menyiapkan aplikasi pengaduan. Namanya “Padang Kiniko”.

Setiap pengaduan diterima dan dilihat langsung oleh Walikota Padang, kepala OPD, serta seluruh camat, untuk kemudian ditindaklanjuti.

Aplikasi tersebut berbentuk website. Warga dapat mengklik alamat website https://kiniko.padang.go.id. Kemudian menyampaikan pengaduan di aplikasi tersebut.

“Aplikasi ‘Padang Kiniko’ diluncurkan pada hari ini untuk memudahkan masyarakat melakukan pengaduan, memberikan opini dan aspirasinya kepada Pemerintah Kota Padang, setiap pengaduan diterima OPD maupun kecamatan yang nantinya akan diproses,” ujar Walikota Padang Hendri Septa saat melaunching aplikasi ini, Kamis (10/11/2022).

Peluncuran aplikasi ini dilakukan di Ruangan Executive Lounge Balaikota Padang. Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol di layar touch screen oleh wali kota. Disaksikan Ketua TP-PKK Kota Padang Ny Genny Hendri Septa dan seluruh camat, aplikasi yang digagas Dinas Kominfo ini praktis menjadi ruang pengaduan bagi warga.

Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Al Amin mengatakan bahwa aplikasi “Padang Kiniko” merupakan jawaban atas banyaknya permintaan dari warga yang menginginkan adanya ruang aduan dan aspirasi publik. Diakuinya, selama ini warga tidak memiliki ruang untuk menyampaikan aspirasi. Terkadang, warga menyampaikan aspirasinya langsung ke handphone wali kota atau camat setempat.

“Kita tentunya tak ingin aduan warga tersumbat, karena itu kita bergerak cepat untuk membuat aplikasi ini,” kata Al Amin.

Selain itu, Hendri Septa memang menginginkan adanya aplikasi pengaduan. Hal ini diharapkan akan dapat mendekatkan warga dengan wali kota. Sehingga tidak ada lagi sekat dan batasan.

“Harapan kita setelah ini setiap pengaduan warga dapat terjawab secara cepat, pelayanan kepada publik pun semakin prima,” harap Al Amin.

Pada kesempatan itu, Walikota Padang Hendri Septa juga meresmikan Ruangan Executive Lounge Balaikota Padang. Ruangan ini digunakan para tamu undangan yang datang ke Balaikota Padang. Ruangan tersebut terletak di sisi kiri depan Balaikota.(ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.