29/11/2022
Beranda » Antisipasi Corona, Biddokkes Polda Kalteng Periksa Rapid Tes Massal

Antisipasi Corona, Biddokkes Polda Kalteng Periksa Rapid Tes Massal

Kabiddokkes Polda Kalteng Kombes Pol dr. Danang Pamudji, berkoordinasi dengan sejumlah pihak saat rapid tes massal. (ISTIMEWA)

Kalteng, Rakyat Sumbar– Biddokkes Polda Kalteng, melakukan pemeriksaan rapid tes secara massal. Pemeriksaan kepada pedagang dan masyarakat ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Korona (Covid-19).

“Pemeriksaan ini dilakukan di Pasar Mentaya, Sampit dan Pasar Samuda, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, pada Selasa 2 Juni 2020,” kata Kabiddokkes Polda Kalteng, Kombes Pol dr. Danang Pamudji, Rabu (3/6) sore melalui Whatsapp.

Ia melanjutkan, rapid tes massal
gabungan antara Pemprov Kalteng, TNI-Polri dan Kejaksaan, pada dua lokasi itu sasarannya adalah pedagang serta masyarakat umum. Upaya ini untuk memutus penularan Covid-19.

“Total yang dilakukan pemeriksaan rapid tes sebanyak 425 orang.
Rinciannya, hasil reaktif 6 orang, dan hasil non reaktif 419 orang. Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur, Danrem, Kapolda, Kajati Kalteng,” ucap Danang.

Masih kata Danang, mereka yang hasil rapid tesnya reaktif akan ditindaklanjuti atau ditelusuri lagi oleh Tim Surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Enam orang hasil reaktif terdiri dari 1 orang hasil reaktif pada pemeriksaan di Pasar Mentaya dan 5 orang hasil reaktif pemeriksaan di Pasar Samuda,” sebut Danang.

Ia menyampaikan, pemeriksaan rapid tes ini juga dilakukan di sejumlah kabupaten/kota, yakni di Pasar Kahayan, Palangkaraya, di pasar Kota Kapuas, dan di Pasar Sampit serta Pasar Semuda. Ini merupakan kepedulian Polri dalam memutus penyebaran Covid-19, bekerja sama dengan pemerintah.

“Rapid tes massal, seperti di Pasar Kahayan, Palangkaraya. Di sana, saat itu ada 145 pedagang dan masyarakat yang ikut. Hasilnya 142 non reaktif, 3 reaktif, dan yang reaktif ditindaklanjuti Tim Surveilans Dinas Kesehatan Kota,” ungkapnya. (byr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.