24/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Aneka Permainan Tradisional Minangkabau Kembali Dikenalkan

Aneka Permainan Tradisional Minangkabau Kembali Dikenalkan

SDN 13 Padangpanjang Barat ajarkan permainan tradisional ke peserta didik.


Padangpanjang, rakyatsumbar.id —Sekolah Dasar Negeri (SDN) 13 Padangpanjang Barat kembali memperkenalkan aneka permainan tradisional kepada peserta didiknya.

Pembelajaran ini untuk mengembangkan, meningkatkan dan menstabilkan kualitas gerak anak didik
Kepala Sekolah SDN 13 Padangpanjang Amal Hidayat, S.Pd ketika ditemui Kamis (31/8) menyampaikan, selain kembangkan kualitas gerak anak, dengan permainan ini juga bisa mewujudkan siswa berkarakter serta memasyarakatkan kembali permainan tradisional menuju sekolah sehat.

Adapun permainan tradisional yang diajarkan di antaranya permainan tangkelek panjang. Anak dituntut untuk bergerak serentak dan mengikuti instruksi yang di depan.

Lalu ada permainan tali dengan menggunakan karet, permainan engrang untuk ketangkasan dan keseimbangan permainan Lore Minang untuk melatih otot kaki serta kecermatan dalam melempar gundu atau Ocak Minang.

Dilanjutkan dengan permainan Patok Lele yang menuntut keterampilan dan numerasi. Karena permainan ini ada hitungan poinnya. Tak ketinggalan permainan lainnya untuk kelas rendah, seperti dolanan anak.

“Kita harap dengan pemainan ini dapat meningkatkan kualitas gerak anak dan kerja sama anak serta meningkatkan ketangkasannya,” tuturnya.

Dikatakan Amal, anak—anak sangat membutuhkan gerak yang banyak untuk perkembangan dan pertumbuhan fisiknya. Perlu kemampuan bersosialisasi serta berinteraksi dengan teman seusianya,” katanya.

“Kami saat ini berusaha untuk memenuhi kebutuhan gerak anak dengan kembali mengangkat permainan tradisional yang sudah mulai sangat langka dilakukan anak zaman sekarang,” sebutnya. (ned)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.