rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » SDN Unggul Terpadu Limpato Tanam 200 Bibit Pepaya “ACIAK”

SDN Unggul Terpadu Limpato Tanam 200 Bibit Pepaya “ACIAK”

Penanaman bibit Pepaya unggul di SD Unggul Terpadu Limpato

Padangpariaman, rakyatsumbar.id—Kecil menanam besar menuai, istilah itu agaknya sangat tepat menggambarkan program gemar menanam sejak kecil yang digalakkan oleh SD Unggul Terpadu Limpato. Tampil dengan motto Sukseskan Program “ACIAK”, SD Unggul Terpadu Padangpariaman mendidik para siswanys untuk menanam sekitar 200-san  Bibit Pepaya Unggul di lingkungan sekolah tersebut.

Seperti terungkap Kamis (08/08/2024) lalu, pertanian berperan penting dalam menjaga ketahanan pangan, mendukung ekonomi, dan menciptakan stabilitas sosial.

Memahami pentingnya sektor ini, SD Unggul Terpadu Padangpariaman menjadikan pertanian menjadi salah satu pilihan kurikulernya.

Diawali melalui rapat majelis guru, sekolah yang mayoritas dihuni oleh guru penggerak ini menelurkan program edutani (edukasi pertanian). Program tersebut diberi nama “ACIAK”. Aciak merupakan akronim dari Aku Cinta Bertani Sejak Kecil.

Kepala SD Unggul Terpadu Padangpariaman  Annahdi menyampaikan, pentingnya mendidik siswa bertani sejak kecil.

“Indonesia bagaikan Syurga. Tongkat saja bisa menjadi tanaman. Akan tetapi minat bertani mulai tergerus seiiring perkembangan zaman. Oleh sebab itu, siswa harus dikenalkan dengan aktifitas bertani sejak dini agar mereka mencintai pertanian dan bangga menjadi petani.” terangnya.

Menanggapi hal itu,  Bupati Padang Pariaman yang diwakili oleh Anwar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyambut baik program Aciak ini.

“Ini adalah bentuk inovasi sekolah. Kami sangat mengapresiasi program seperti ini,” terangnya.

Ia menambahkan, SD Unggul Terpadu sedang melaksanakan hal yang besar. Hal ini seiring dengan implementasi kurikulum merdeka melalui P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Hari ini menanam esok hari kita akan menuai.

Pada momen itu dilakukan penanaman 200 batang bibit pepaya unggul. 100 batangnya dibantu pengadaannya oleh Citra Dragon. Perusahan ini  sejak lama memang bergerak di bidang pertanian dan menjadi teman petani.

Tampak hadir mengikuti program penanaman ini, antara lain Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Komunikasi dan Informatika, BPBD Padang Pariaman, Camat VII Koto Sungai Sarik, MKKS Kecamatan VII Koto Sungai Sarik, Majelis Guru bersama orang tua/wali siswa SD Unggul Terpadu lainnya. (ris)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *