rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » PDRB Pesisir Selatan Nomor 6 Tertinggi di Sumbar

PDRB Pesisir Selatan Nomor 6 Tertinggi di Sumbar

Painan, rakyatsumbar.id–Sepanjang tahun 2023, Kabupaten Pesisir Selatan menunjukkan peran yang signifikan berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian di Sumatera Barat (Sumbar).

Hal ini terlihat dari kontribusi terhadap PDRB Sumbar sebesar 5,77% dan kemudian menempatkan Pesisir Selatan sebagai kabupaten urutan ke-enam tertinggi di Sumbar.

Dalam penyajian data ini, menunjukkan Pesisir Selatan adalah salah satu pilar penting dalam menopang ekonomi regional dan berperan dalam memperkuat struktur perekonomian Sumatera Barat.

“Bila dilihat dari pembentukan PDRB Sumatera Barat menurut lapangan usaha, maka kontribusi yang cukup dominan terlihat pada lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 21,04%, ” ucap Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) setempat Hadi Susilo, Rabu( 07/08/2024).

Menurutnya, kontribusi dari daerah itu dimotori atas lapangan usaha ini Kabupaten Pesisir Selatan menempati urutan ketiga sebagai penyumbang terbesar yaitu 9,91% setelah Pasaman Barat dan Agam masing- masing 11,45% dan 11,12%.

“Keadaan itu, tidak terlepas dari upaya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan yang selalu fokus dalam mendorong produktivitas sektor basis yaitu pertanian, kehutanan dan perikanan, ” ulasnya.

Sehingga tambahnya, memberikan kontribusi terbesar bagi PDRB Pesisir Selatan yakninya (36,49%) dan membawa dampak signifikan bagi perekonomian Provinsi Sumatera Barat.

“Salah satu bentuk konkret dari upaya tersebut terlihat dalam dua tahun terakhir Pesisir Selatan berhasil menjadi produsen gabah terbesar di Sumatera Barat  dan kian menegaskan sebagai salah satu kabupaten lumbung pangan di Sumbar, ” tutupnya. (fdr)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *