rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Satu-satunya Milik Pemko Padang, Perumda AM Padang Punya Labor Pengujian Mutu Air Bersandar

Satu-satunya Milik Pemko Padang, Perumda AM Padang Punya Labor Pengujian Mutu Air Bersandar

Pj Wako Padang Andree Algamar didampingi Dirut Perumda AM Padang Hendra Pebrizal saat meninjau laboratorium.


Padang, rakyaysumbar.id – Dalam menunjang pelayanan prima, Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang kini memiliki laboratorium pemeriksaan kualitas air dengan teknologi canggih.

Berada di Jalan Penjernihan Utama No.1 Gunungpangilun Padang Padang, Laboratorium ini di resmikan langsung oleh Pj Walikota Padang, Dr. Andree Algamar, Kamis, (1/8/2024).

Direktur Utama Perumda AM Padang, Hendra Pebrizal, S.Sos, MM mengatakan, sejatinya laboratorium Perumda AM Padang telah terakreditasi dari KAN sejak April 2002.

Dari 20 parameter yang di uji 14 sudah terakreditasi. Laboratorium Perumda AM Padang ini merupakan satu-satunya laboratorium milik pemerintah daerah Kota Padang.

“Nanti bagi masyarakat yang ingin menguji mutu air sumur tradisional, sumur bor, kolam renang dan lainnya bisa di periksa di laboratorium Perumda AM yang telah memiliki standar,” ungkapnya.

Hendra mengatakan, Labor Perumda AM Padang melayani instansi pemerintah, swasta dan masyarakat.

Pihaknya memberikan pelayanan menguji kualitas air dengan kecepatan dan telah sesuai ISO 17025 tahun 2017.

Untuk pemerikasaan air terdapat 20 parameter yang bisa di uji dan sesuai dengan Permenkes 2023.

Ia menyebut, untuk pelayanan Labor Perumda AM memiliki personel yang berkompeten eksternal atau di buka untuk penerimaan sampel.

“Harapan kita, kehadiran laboratorium ini tidak sekedar kumpulan teknologi dan peralatan.”

“Namun juga bisa menunjang kemajuan perusaan dan pusat penelitian ilmiah dan inovasi terkait air minum di Sumatera Barat,” harap Hendra Pebrizal.

Lakukan Pengujian

Sementara itu, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kota Padang, Dr Lidya Febrina mengatakan, kehadiran Laboratorium milik Perumda AM Padang menjadi aset yang sangat bermanfaat.

Lantaran selama ini, laboratorium air hanya ada satu, itu pun bukan milik pemerintah.

Ia menyebutkan, air minum yang sehat harus memenuhi 20 indikator, namun saat ini Perumda AM Padang telah memenuhi 23 indikator.

Ia mengimbau kepada produsen dan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan air minum, kolam renang dan lainnya melakukan pengujian air di Laboratorium Perumda Air Minum Kota Padang.

Kado Manis untuk HUT Kota Padang ke-355

Sementara itu Pj Walikota Padang, Andree Algamar mengapresiasi inovasi yang di lakukan Perumda Air Minum Kota Padang.

Ia menilai kehadiran laboratorium ini harus bisa di manfaatkan baik oleh instansi, swasta dan masyarakat. Tentunya dengan biaya yang murah.

“Ke depan DKK, Satpol PP dan kepolisian untuk melakukan pemerikasaan depot air. Selain itu juga mengarahkan untuk pengujian air minum di Laboratorium Perumda AM Padang,”

P j Wako menegaskan, kehadiran laboratorium milik Perumda ini merupakan kado manis untuk ulang tahun Kota Padang 355.

“Ini merupakan kado terindah dari Perumda AM Padang yang akan merayakan hari jadi ke-335 tahun,” pungkas Andree Algamar. (rif)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *