29/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Polres Pasaman Gelar Aksi Donor Darah

Polres Pasaman Gelar Aksi Donor Darah

Jajaran Polres Pasaman saat melakukan aksi donor darah.

Pasaman, rakyatsumbar.id – Jajaran Polres Pasaman menggelar bakti kesehatan donor darah massal dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76 yang jatuh pada 1 Juli mendatang.

Kegiatan bakti kesehatan ini diselenggarakan di Gedung Rupattama Polres Pasaman, Selasa (7/6). Hadir Kapolres Pasaman AKBP Fahmi Reza, Bupati Pasaman H. Benny Utama.

Termasuk Kajari Pasaman Fitri Zulfahmi, Wakapolres Pasaman Kompol Muddasir serta sejumlah Pejabat Utama Polres Pasaman dan seluruh Kapolsek se-Kabupaten Pasaman.

Kapolres Pasaman AKBP Fahmi Reza melalui Wakapolres Kompol Muddasir mengatakan, kegiatan donor darah merupakan wujud nyata dan bentuk kepedulian dari keluarga besar Polres Pasaman.

Terutama terhadap masyarakat yang membutuhkan tambahan stok darah.

“Bakti kesehatan donor darah di Polres Pasaman ini terselenggara berkat kerjasama dengan PMI Kabupaten Pasaman. Dan juga Poliklinik Polres Pasaman, dan Tenaga kesehatan dari RSUD Lubuksikaping.”

“Dalam kegiatan donor ini, kita mendapat bantuan sekitar 20 orang tenaga kesehatan,” terang Wakapolres Kompol Muddasir.

Katanya, adapun para peserta donor darah hari ini berasal dari personel Polres Pasaman, TNI, ASN dari Pemkab Pasaman, Kejari Pasaman. Termasuk masyarakat umum lainnya.

Kompol Muddasir menjelaskan, kegiatan bakti kesehatan donor darah ini bertujuan untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Pasaman dan RSUD Lubuksikaping.

Ia berharap, semua program kemanusiaan yang di lakukan bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Terutama yang membutuhkan transfusi darah.

“Kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang sangat mulia karena sasarannya membantu kebutuhan masyarakat akan kecukupan pasokan darah. Terutama di RSUD Lubuksikaping,” tambahnya.

Lebih jauh, Wakapolres Pasaman menyebutkan sebelum mendonorkan darahnya, seluruh pendonor wajib menjalani pemeriksaan kondisi kesehatan oleh tim medis yang sudah siaga di lokasi kegiatan.

“Untuk pendonor darah, hanya bisa dilakukan bagi yang memenuhi syarat kesehatan. Target kita dalam kegiatan bakti kesehatan ini sekitar 250 kantong darah,” katanya.

Bupati Apresiasi Donor Darah

Bupati Pasaman Benny Utama pada kesempatan itu mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan jajaran Polres Pasaman.

“Saya atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada kepolisian Republik Indonesia, khususnya Polres Pasaman yang telah melaksanakan aksi kemanusiaan.

“Donor darah massal ini yang bekerjasama dengan PMI, tenaga kesehatan, Poliklinik Polres Pasaman
dan Forkopimda serta instansi lainnya.”

“Kegiatan ini adalah hal sangat mulia yang kita lakukan karena pada masa pandemi Covid-19 ini hampir semua daerah kesulitan untuk mendapatkan darah. Karena orang pada takut makanya kurang para pendonor,” ucap Benny Utama.

Benny juga menghimbau kepada masyarakat Pasaman jangan takut untuk mendonorkan darahnya.

“Karena setetes darah anda, menyelamatkan jiwa manusia,” tandasnya.

Sementara itu, Kasubbag Dalpers Iptu Ilfanus SH pihaknya mengaku rutin mengikuti kegiatan baksos donor darah yang diadakan Mapolres Pasaman.

“Hingga saat ini, dirinya sudah 12 kali melaksanakan donor darah. Donor darah membuat tubuh kita sehat, dan bugar,” kata Ilfanus. (herizon)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.