02/03/2024
Beranda » 14 Kecamatan Perebutkan Piala Bergilir Bupati Solok  

14 Kecamatan Perebutkan Piala Bergilir Bupati Solok  

Solok, rakyatsumbar.id—Bupati Solok, Epyardi Asda secara resmi membuka turnamen Sepakbola Bupati Solok Cup II, di GOR Batu Batupang, Nagari Koto baru, Kecamatan Kubung, Jum’at (10/11/2023).

Sebanyak 14 kecamatan di Kabupaten Solok siap bertanding memperebutkan piala bergilir Bupati Solok. Tampak antusiasme tinggi dari masyarakat pecandu sepakbola dari Kabupaten Solok dan daerah tetangga menyaksikan pembukaan tersebut.

Tampak hadir, Forkopimda Kabupaten Solok, Sekretaris Asprov PSSI Sumatera Barat, Hendra, Pimpinan DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Anggota DPRD, Kepala OPD se-Kabupaten Solok, Pimpinan BUMN dan BUMD di Kabupaten Solok, Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Solok, Camat dan Wali Nagari se-Kabupaten Solok.

Bupati Solok, Epyardi Asda dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Bupati Solok Cup ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyatukan kita bersama dan membangun tali silaturahmi yang baik antara kita di Kabupaten Solok ini.

“Oleh karena itu, saya berharap walaupun kita memperebutkan kemenangan, tetap jaga semangat sportivitas dan terima hasil yang didapatkan dengan penuh kegembiraan,” harap bupati.

Jadi Agenda Tahunan

Bupati juga mohon dukungan seluruh pihak agar turnamen Bupati Solok Cup tahun ini dapat lebih baik dan lebih kondusif dari tahun sebelumnya.

Dijelaskan Epyardi, Tahun 2024 pihaknya berencana juga akan menyelenggarakan turnamen sepakbola antar SMP se-Kabupaten Solok. ” Hal ini demi mendukung semangat dan bakat generasi muda kita di Kabupaten Solok yang berpotensi untuk terus dikembangkan,” sebut bupati.

Ia memastikan selama dirinya masih menjadi Bupati Solok, maka Bupati Cup akan dilaksanakan setiap tahunnya. Pihaknya akan selalu menganggarkan dalam APBD untuk kegiatan olahraga yang paling digemari oleh masyarakat seperti sepak bola dan volley ball.

“Tujuan saya agar dari Bupati Cup ini akan lahir pemain-pemain sepakbola terbaik, putra asli Kabupaten Solok, yang akan membawa nama Kabupaten Solok pada event yang lebih tinggi,” paparnya.

Menurut Epyardi Asda, yang  tak kalah penting dari setiap digelar turnamen seperti Bupati Solok Cup ini, adalah bergeraknya perekonomian ditengah-tengah masyarakat kita.

“Saat ini kita sudah mulai membenahi dan membersihkan GOR batu Batupang. Kita sudah suruh cek sama bagian terkait, seperti bagian umum dan Dinas PU untuk membenahinya, serta kita akan memperbaiki juga fasilitas UMKM, karena apapun ivennya nanti diharapkan bisa meningkatkan UMKM Solok,” tambah Epyardi.

Menggiatkan olahraga di daerah, maka akan ada interaksi dengan pelaku UMKM, banyaknya orang yang akan menonton sepakbola atau olahraga lain di GOR Batubatupang akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan itu. Dengan begitu, perekonomian daerah akan memiliki alternatif lain melalui iven-iven olahraga.

Oleh sebab itu, pihaknya mendorong UMKM untuk meningkatkan kreatifitas dan kualitas dalam menciptakan produk unggulan, sehingga mampu menciptakan keseimbangan baik bidang olahraga maupun UMKM.

“Sudah kewajiban kita pemerintahan untuk mengairahkan perekonomian, dan iven-iven olahraga merupakan salah satu cara, dan kedepan, fasilitas UMKM di GOR akan kita benahi juga,” tukasnya.

Sekretaris Asprov PSSI Sumatera Barat, Hendra mengatakan, Asprov PSSI Sumatera Barat memberikan apresiasi yang tinggi pada event Bupati Solok Cup, karena ini merupakan turnament sepakbola yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya di Kabupaten Solok.

“Harapan kita, seluruh peserta dapat senantiasa menjunjung tinggi semangat sportifitas dan dapat menjadi lebih baik dibandingkan dengan turnament sebelumnya,” harapnya.

Datangkan Wasit Asprov Sumbar

Sebelumnya, Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Askab PSSI Kabupaten Solok, Syofriwandi melaporkan, tahun ini merupakan kali kedua pelaksanaan Bupati Solok Cup setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2022 dengan harapan kita akan terus menghadirkan event seperti ini di Kabupaten Solok.

Peserta dari kegiatan ini berasal dari Persatuan Sepakbola dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Solok. Adapun waktu pelaksanaan dimulai pada hari ini Tanggal 10 November sampai 10 Desember 2023.

”Pada Event Bupati Solok Cup tahun ini, kita mendatangkan wasit dari Asprov Sumatera Barat demi lebih meningkatkan eksistensi dan menjunjung tinggi semangat sportivitas,” tutupnya.

Prosesi pembukaan turnamen tersebut diawali dengan devile kontingen peserta dari 14 Kecamatan di Kabupaten Solok, serta pemukulan gendang bersama oleh Bupati dengan Forkopimda, Sekretaris Daerah dan seluruh tamu undangan.

Dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir dari pemenang sebelumnya yakni Kecamatan Gunung Talang kepada Bupati Solok, serta tendangan bola perdana menandai kick off pertama Event Bupati Solok Cup Tahun 2023.

Dalam laga perdana, mempertemukan antara Kecamatan Gunung Talang yang merupakan juara tahun lalu dengan Pantai Cermin. Dalam pertandingan itu, juara bertahan berhasil mengandaskan tim Pantai Cermin dengan skor 2-0. (wel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.