05/12/2022
Beranda » Wagub Ingatkan Sumbar Belum Bebas Covid-19

Wagub Ingatkan Sumbar Belum Bebas Covid-19

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit berikan sambutan sebelum membuka perayaan HUT Kota Padang ke-351 dan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke -75 di komplek Perumdam III/IV Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Padang, Sabtu (08/08/2020).

Padang, rakyatsumbar.id Sumbar belum bebas dari Covid-19. Oleh karena itu, masyarakat harus selalu menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, saat membuka perayaan HUT Kota Padang ke-351 dan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke -75 di komplek Perumdam III/IV Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Padang, Sabtu (08/08/2020).

“New normal yang kita jalankan pada saat ini tidak menyatakan bahwa Covid-19 telah habis di Sumbar. Malahan Covid-19 terus memakan korban setiap hari. Oleh karena itu, saya meminta kepada warga untuk selalu menjalankan protokol kesehatan, dengan mencuci tangan, memakai masker, dan selalu menjaga jarak,” tutur Nasrul Abit.

Ia menjelaskan, begitu banyak permasalahan yang ditimbulkan akibat Covid-19 di Sumbar. Alhasil, berbagai sektor, baik pemerintahan, ekonomi dan industri pariwisata tak dapat bergerak.

“Berdasarkan catatan Bank Indonesia, pemulihan ekonomi di Sumbar pasca Pandemi Covid-19 yang terjadi, minus 4,92 persen. Tetapi, ketersediaan pangan di Sumatera Barat tercukupi,” ucapnya.

Selain itu, Nasrul Abit menjabarkan, dunia pendidikan sangat terpukul sekali karena Covid-19 ini.

“Sejak Februari 2020 hingga sekarang, saya dan Gubernur Sumbar turun langsung dalam penanganan Covid-19. Pendidikan digital tak dirasakan oleh seluruh pelajar dan mahasiswa di Sumbar. Apalagi masih ada 120 Nagari masih berada dalam keterbatasan akses. Seperti Mentawai, Sungai Lolo, Kecamatan Tapanuli Selatan dan Kabupaten Pasaman. Akses guru dalam pendidikan digital sulit, apalagi pelajar. Masih untung masyarakat perkotaan tidak mengalami akses dalam hal pendidikan digital,” tutupnya. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.