18/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Universitas Dharma Andalas dan Minang Diaspora Network Gagas Program Inkubasi Bisnis bagi Mahasiswa

Universitas Dharma Andalas dan Minang Diaspora Network Gagas Program Inkubasi Bisnis bagi Mahasiswa

Universitas Dharma Andalas dan Minang Diaspora Network gagas program Inkubasi Bisnis bagi mahasiswa.


Padang, rakyatsumbar.id  – Dr. H. Alfan Miko M.Si, sebagai badan pengawas Yayasan Pendidikan Dharma Andalas, telah mengambil inisiatif untuk mengembangkan dan mendirikan program kewirausahaan di universitas Dharma Andalas.

Program ini diluncurkan dalam sebuah pertemuan yang dihadiri oleh Rektor Universitas Dharma Andalas yakni Bapak Prof. Dr. Novesar Jamarun, M.S, dihadiri juga oleh Wakil Rektor I dan II, Dekan, dan dosen, terutama yang terlibat dalam pendidikan kewirausahaan.

Mewakili jaringan Minang Diaspora, Hj Yeni Halim, didampingi oleh tim dari PT Paragon Internasional yang dimiliki oleh Dr (HC) Dra. Hj. Nurhayati Subakat, seorang pengusaha Minang terkemuka dan pemilik Wardah Cosmetic, turut serta dalam pertemuan tersebut.

Kolaborasi ini memiliki tujuan utama yang mulia, yaitu menciptakan peluang berwirausaha yang adil dan inklusif bagi mahasiswa yang menghadapi keterbatasan ekonomi.

Rencananya, program inkubasi bisnis ini akan melibatkan sebanyak mungkin mahasiswa dari Universitas Dharma Andalas, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan kewirausahaan yang tangguh dan mengatasi hambatan ekonomi yang mereka hadapi.

Inisiatif ini bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan indeks kinerja utama mahasiswa dalam bidang kewirausahaan, tetapi juga untuk memberikan dukungan finansial yang berarti kepada mereka, membantu mereka meraih kemandirian ekonomi dan kesuksesan masa depan.

Selain upaya pengembangan program kewirausahaan, Universitas Dharma Andalas memiliki rencana untuk membangun sebuah Surau yang indah di kampus mereka.

Pembangunan ini direncanakan akan dibantu oleh para donatur serta alumni baik dari UNIDHA maupun UNAND. Langkah ini bukan hanya sekadar infrastruktur keagamaan semata, tetapi juga merupakan bagian dari strategi universitas dalam memperkuat karakteristik kewirausahaan.

Pihak Universitas Dharma Andalas berharap dapat memberikan wadah bagi mahasiswa dan dosen untuk mengembangkan sikap kewirausahaan yang kuat dan memperdalam pemahaman mereka tentang nilai-nilai etika dan integritas dalam berwirausaha.

“Dengan memadukan karakteristik kewirausahaan dan keberagamaan, Universitas Dharma Andalas ingin memperkuat identitas mereka sebagai lembaga pendidikan tinggi yang tidak hanya berfokus pada keunggulan akademik, tetapi juga pada pengembangan karakter dan etos kewirausahaan.

Diharapkan bahwa melalui langkah-langkah ini, universitas dapat menjadi pusat pendidikan yang melahirkan generasi muda yang berintegritas, berwawasan luas, dan siap untuk menghadapi tantangan dunia nyata” ungkap Rektor Prof. Dr.Novesar Jamarun, M.S

Kerjasama antara Dr. H. Alfan Miko M.Si, dengan jaringan Minang Diaspora, dan PT Paragon Internasional di bawah arahan Dr. Hj. Nurhayati Subakat dan Universitas Dharma Andalas diharapkan dapat memberikan dorongan yang signifikan bagi upaya universitas dalam memajukan kewirausahaan dan memberdayakan mahasiswa baik secara akademik maupun ekonomi. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.