18/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » TMMD di Tanahdatar Selesai Tepat Waktu: Buah Kolaborasi TNI, Pemerintah Daerah dan Masyarakat

TMMD di Tanahdatar Selesai Tepat Waktu: Buah Kolaborasi TNI, Pemerintah Daerah dan Masyarakat

Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Purmanto di dampingi Bupati Tanahdatar Eka Putra, Ketua DPRD Rony Mulyadi, Dandim 0307 Tanahdatar Letkol Czi Sutrisno memukul gong menandai resmi berakhirnya TMMD.

Tanahdatar, rakyatsumbar.id – Pemukulan gong oleh Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Purmanto di dampingi Bupati Tanahdatar Eka Putra, Ketua DPRD Rony Mulyadi, Dandim 0307 Tanahdatar Letkol Czi Sutrisno menandai resmi berakhirnya kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 114 di Wilayah Kodim 0307 Tanahdatar tahun 2022.

Sebelumnya juga di laksanakan upacara penutupan yang dipimpin Danrem 032 Wirabraja, Rabu (24/8) di lapangan Pincuran Ampaleh Jorong Cubadak Randah Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) selaku penanggungjawab operasional TMMD melalui Danrem mengatakan, TMMD menjadi momentum meningkatkan kebersamaan.

Dalam hak ini semangat gotong royong dan kemanunggalan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama rakyat.

Tujuannya mengakselerasi program Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Terimakasih kepada seluruh personel TNI dan masyarakat serta pihak lainnya yang sebulan penuh telah menyukseskan pelaksanaan TMMD.”

“Baik baik secara moril ataupun materil dalam mempercepat pembangunan di wilayah,” kata Purmanto.

Ia mengatakan, pelaksanaan TMMD di Wilayah Kodim 0307 Tanahdatar berjalan lancar.

Terbukti mampu membuka jalan baru 4.100 meter dengan lebar 6 meter, irigasi 200 meter.

Termasuk membangun 3 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan penanaman 1.000 pohon serta beberapa kegiatan non fisik seperti penyuluhan.

“Ada lima pesan dan harapan dari Kasad, yakni agar terus memelihara semangat kebersamaan TNI bersama masyarakat.”

“Semangat gotong royong harus terus pelihara hasil pembangunan yang dilaksanakan.”

“Kepada Dansatgas untuk segera lakukan evaluasi dan selepas penutupan prajurit Satgas TMMD untuk kembali ke induk pasukan masing-masing,” ungkapnya.

Berkat Dukungan Semua Pihak

Dandim 0307 Tanahdatar Letkol Czi Sutrisno yang mengatakan, berkat dukungan pemerintah daerah dan kerjasama masyarakat bersama TNI, Polri dan OPD lainnya, semua rencana program kegiatan semuanya mencapai hasil 100%.

Alhamdulilah, setelah sebulan penuh pelaksanaan program yang direncanakan semuanya sudah mencapai 100 %.”

“Mulai dari pembukaan jalan sepanjang 4.100 meter dengan lebar 6 meter sampai dengan berbagai kegiatan penyuluhan yang melibatkan 150 personil TNI, 40 orang masyarakat dan 25 OPD setiap harinya, terimakasih atas dukungan semua pihak,” katanya.

Tokoh masyarakat setempat yang juga anggota DPRD Tanahdatar Nursal menyampaikan ungkapan terimakasih atas pelaksanaan TMMD di Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara.

“Atas nama masyarakat, saya mengucapkan ungkapan dan ucapan terimakasih atas kerja keras semua pihak dalam melaksanakan TMMD ini.”

“Semoga apa yang telah di buat menjadi amal saleh dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Eka Putra juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan TMMD di Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara.

“Pelaksanaan TMMD tuntas sepenuhnya. Tterimakasih tim Satgas TMMD dan masyarakat yang turut terjun langsung menyumbangkan tenaga dan pikirannya,” katanya.

Dukung Program Pembangunan

Eka menambahkan, betapa besar manfaat pelaksanaan TMMD dalam mendukung program pembangunan di daerah.

“Pemerintah daerah baru mampu membantu sebesar Rp1 miliar untuk kegiatan ini.”

“Sekiranya di ukur dengan nilainya, mungkin untuk pembuatan jalan baru hanya sampai 2.000 meter saja.”

“Namun dalam TMMD ini jalan mampu diselesaikan 4.100 meter, irigasi 200 meter, pembangunan 3 RTLH dan berbagai program non fisik. Tentunya hasil ini sungguh luar biasa sekali,” sampainya.

Senada dengan Dandrem, Eka Putra juga berharap di samping di manfaatkan secara maksimal, khusus untuk pohon yang di tanam, ia berharap masyarakat menjaga serta merawat sehingga pohon bisa besar dan berbuah.

“Untuk jalan, tentu sesuai dengan ketersediaan dana di APBD Tanahdatar akan bertahap untuk ditingkatkan menjadi jalan aspal.”

“Kondisi saat ini tentu sudah membantu masyarakat dalam mengangkut hasil pertaniannya, karena itu tolong dijaga dan dirawat, termasuk 1.000 pohon yang ditanam,” tukas Eka.

Selain pemukulan gong, juga di laksanakan pelepasan tanda TMMD dan juga penandatanganan berita acara penyerahan hasil TMMD dari Danrem 032 Wirabraja kepada Bupati Tanahdatar. (ali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.