SPSP Gelar Aksi Sosial, “Menjadi Pahlawan dengan Sekantong Darah” 

703
Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) mengadakan kegiatan donor darah, di Gedung Serba Guna (GSG),

271 Kantong Darah Terkumpul Dalam Sehari

Padang, rakyatsumbar.id–Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) kembali menggelar donor darah rutin. Aksi sosial dengan tema “Menjadi Pahlawan dengan Sekantong Darah” itu, dilaksanakan SPSP bekerja sama dengan PMI Kota Padang di Gedung Serba Guna (GSG), Rabu (17/11/2021).

“Pada donor darah hari ini, SPSP berhasil mengumpulkan 271 kantong darah. Jumlah tersebut jauh melebihi target 200 kantong darah,” kata Ketua Bidang III Organisasi dan Hubungan Eksternal SPSP Arief Rahman Hakim usai kegiatan donor darah.

Kegiatan donor darah tersebut tampak dibanjiri karyawan Semen Padang Group dan masyarakat umum dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Panitia, juga menyediakan souvenir berupa sajadah dan tasbih bagi 200 pendonor pertama.

Pada kesempatan itu, SPSP juga menggelar lomba foto dengan hadiah jutaan rupiah bagi pendonor. Lomba foto itu terdiri dari dua kategori, yaitu favorit dan foto terbaik.

Lomba foto ini hanya diikuti oleh pendonor. Untuk syaratnya, foto diambil di area donor darah. Foto kemudian diupload ke media sosial pendonor dengan menuliskan #donordarahspsp2021.

Untuk ketentuan pemenang favorit, dinilai berdasarkan like dan komen. Sedangkan foto terbaik, dinilai oleh dewan juri SPSP. “Untuk pemenang favorit, diberikan kepada tiga orang dan foto terbaik untuk juara 1 dan 2,” ujar Arif.

Ketua Panitia Donor Darah SPSP Arif Rahman Dasril mengatakan, donor darah SPSP ini digelar dengan latar belakang stok darah di PMI Kota Padang yang terus menurun, apalagi sejak pandemi Covid-19.

Bahkan informasi dari PMI Kota Padang, kebutuhan darah per hari itu rata-rata 150 kantong dengan stok darah yang biasanya 1000 kantong per hari, menurun menjadi 500 kantong sejak pandemi Covid-19.

“Menurut kami, stok darah yang rata-rata 500 kantong darah itu tentunya cukup urgent, makanya SPSP menggelar donor darah. Untuk itu, marilah kita menjadi pahlawan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan darah,” katanya.

Sekretaris PMI Kota Padang Akhiruddin mengapresiasi SPSP, karena Kota Padang sebagai pusat pelayanan kesehatan di Sumbar membutuhkan banyak darah, apalagi sejak pandemi kebutuhan darah meningkat sementara stok menurun stok.

“Kegiatan donor darah ini sangat membantu kami di PMI Kota Padang, karena SPSP ikut menjawab kebutuhan darah.

Meski saat ini masa transisi menuju new normal, SPSP bisa mengajak masyarakat untuk donor. Jadi, kami salut dan bangga kepada SPSP,” katanya.

Selain kepada SPSP, ia pun juga mengucapkan terimakasih kepada manajemen PT Semen Padang. Karena melalui donor darah kali ini, semakin membuktikan bahwa PT Semen Padang sebagai pemasok darah rutin dan terbanyak di kota Padang .

Secara terpisah, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, kegiatan donor darah rutin dilakukan di lingkungan PT Semen Padang sebanyak 4 kali dalam setahun.

“Di tahun 2021, sudah empat kali dilaksanakan donor darah di lingkungan PT Semen Padang yakni pada awal Februari 2021. Kemudian pada 7 April 2021 dalam rangka milad SPSP ke-19. Selanjutnya pada tanggal 15 September 2021. Terakhir yang dilaksanakan SPSP pada 17 November 2021 ini,” kata Anita.

Ia berharap aksi sosial ini semoga bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam masa pandemi ini, selain juga bertujuan untuk memutus kemungkinan adanya jual beli darah yang tentunya, sangat memberatkan pasien maupun keluarganya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here