26/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Sosiologi UNP sosialisasi pentingnya Tour Guide di desa wisata Kampung Dalam

Sosiologi UNP sosialisasi pentingnya Tour Guide di desa wisata Kampung Dalam

Foto bersama tim pengabdian masyarakat Departemen Sosiologi UNP dengan Pokdarwis Danau Talang dan Pokdarwis Kampuang Batu Dalam.


Padang, rakyatsumbar.id –  Sebagai salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, Departemen Sosiologi Universitas Negeri Padang (UNP) telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok pada 7 Agustus 2023 yang lalu.

Pengabdian masyarakat ini berbentuk pelatihan pemandu agrowisata berbasis sapta pesona yang bertujuan meningkatkan kompetensi Kelompok Sadar Wisata (Pokdawis) di Nagari Kaping Batu Dalam.

Hal ini di ungkapkan oleh Ketua tim pengabdian masyarakat Departemen Sosiologi UNP Nurlizawati, S.Pd., M.Pd, saat di temui disela-sela kesibukannya di kampus UNP.

Menurutnya, Desa Wisata Kampung Batu Dalam yang berjarak tempuh 65 km dari Kota Padang ini mempunyai magnet tersendiri bagi wisatawan. Apalagi, di daerah ini memiliki dua destinasi utama yaitu Geosite Danau Talang dan Jalur Pendakian Bukik Bulek, serta dua danau, Danau Di Bawah dan Danau Talang.

“Dengan keindahan alam yang ada, wisatawan akan di suguhkan berbagai kegiatan outdoor, seperti paket camping, hiking, tracking, sepedaan, dan agrowisata,” jelasnya, Rabu (23/8).

Nurlizawati menambahkan, pengabdian masyarakat dilakukan di Kampung Batu Dalam, karena masyarakat Nagari Kampung Batu Dalam masih banyak memiliki lokasi-lokasi wisata yang belum terkelola dengan baik.

“Kampung Batu Dalam memiliki daya jual yang tinggi untuk menarik wisatawan. Di sini kita akan disuguhi akan keindahan danau Talang, dan kawasan hutan yang asri untuk wisatawan,” paparnya.

“Oleh karena itu, kita memberikan penyadaran kepada masyarakat, akan potensi dari keindahan alamnya,” ungkapnya.

Menurut Nurlizawati, kehadiran tour guide dalam mempromosikan wisata, tentu menjadi daya pikat dari wisatawan saat berkunjung ke Kampung Dalam.

“Dalam pengabdian ini, kita melibatkan 30 peserta yang berasal dari 2 Pokdarwis. Pokdarwis Danau Talang dan Pokdarwis Kampuang Batu Dalam Jalur Talang Via Bukik Bulek.”

“Selain itu, kita telah melaksanakan sosialisasi urgensi pemadu agrowisata berbasis sapta pesona dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Nagari Kampung Batu Dalam pada 7 Agustus 2023 yang lalu. Kemudian, dilakukan pelatihan pembuatan panduan tour guide, yang dilakukan pada tanggal 10 – 11 Agustus 2023 kemarin,” jelasnya.

Nurlizawati menambahkan juga, tim pengabdian masyarakat departemen Sosiologi UNP ini beranggotakan Dr. Mira Hasti Hasmira, SH., M.Si, dan Lia Amelia, S.Sos., M.Si. Kegiatan ini di danai oleh dana PNBP UNP 2023, dengan skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

“Selain itu, kita menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, seperti Dr. Mira Hasti Hasmira, SH., M.Si, Dosen Departemen Sosiologi, UNP dan Dr. Delmira Syafrini, S.Sos.,M.A, Dosen Departemen Sosiologi UNP, yang juga memiliki keahlian dalam bidang Sosiologi Pariwisata dan kajian lingkungan,” paparnya.

Nagari Kampung Batu Dalam berlokasi di kawasan lereng Gunung Talang bagian selatan (salah satu gunung aktif yang terletak di Kabupaten Solok).

Nagari ini berjarak 5 kilometer dari puncak Gunung Talang yang merupakan jalur pendakian tercepat dan terlandai di Sumatra Barat, oleh karena itu, sangat dimungkinkan akses pendakian bagi semua kalangan dan usia.

Selain itu, Desa Wisata Kampung Batu Dalam menerapkan sistem pengelolaan berbasis masyarakat (community-based tourism) yang dikelola bersama oleh anak nagari dengan arahan dari pemerintahan nagari dan niniak mamak.

Sejak tahun 2019 yang lalu, di mulai terbentuknya Pokdarwis yang mengarah pada perkembangan kepariwisataan di Desa Kampung Batu Dalam.

Destinasi-destinasi wisata yang muncul diharapkan dapat menggaet banyak wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing.

“Oleh karena itu, kita berharap, dari lonjakan wisatawan tersebut, timbul kesadaran masyarakat bahwa pariwisata merupakan salah satu upaya mengangkat taraf ekonomi dan pendapatan masyarakat,” tutupnya.(edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.