18/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Sosialisasikan Bisnis Menerapkan Teknologi Informasi, Tim PKM UPI YPTK Berikan Penyuluhan di YABNI Padang.

Sosialisasikan Bisnis Menerapkan Teknologi Informasi, Tim PKM UPI YPTK Berikan Penyuluhan di YABNI Padang.

Tim PKM UPI YPTK Padang saat melakukan penyuluhan penggunaan konsep bisnis dan teknologi informasi kepada 38 orang anak-anak dan remaja di Rumah Asuh Yayasan Bening Nurani (YABNI) Padang.


Padang, rakyatsumbar.id Perkembangan teknologi dan informasi sangat mempermudah manusia dalam menjalankan banyak hal, termasuk dalam hal berbisnis.

Generasi muda yang berkeinginan menjadi pebisnis dan membuka lapangan pekerjaan dapat menjadikannya sebagai peluang dalam membuka bisnis yang inovatif dan kreatif berbasiskan digital.

Hal inilah yang mendasari beberapa orang dosen di UPI YPTK Padang berbagi ilmu yang dimilikinya. Mereka yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UPI YPTK tersebut melakukan penyuluhan penggunaan konsep bisnis dan teknologi informasi kepada 38 orang anak-anak dan remaja di Rumah Asuh Yayasan Bening Nurani (YABNI) Padang.

Ketua Tim PKM UPI YPTK Fitri Firdalius, S.Kom,. M.Kom mengatakan banyak manfaat jika suatu bisnis menerapkan teknologi informasi. Selain dapat menghemat biaya produksi dan operasional, bisnis menggunakan teknologi wilayah pemasarannya bisa lebih luas.

“Dengan berkembangnya teknologi informasi yang setiap hari menunjukkan perubahan atau kemajuan, maka akan membuat perusahaan dapat melakukan pengawasan atau mengontrol biaya-biaya yang dikeluarkan setiap hari. Itulah yang kita sosialisasikan kepada 38 siswa yang menjadi anak asuh di YABNI Padang beberapa waktu lalu,” sebutnya, dihubungi Kamis (3/8).

Ia menyampaikan, hal ini penting karena selepas lulus sekolah, mereka yang saat ini berada Rumah Asuh ini berlokasi di Jl.Kapuk Konsi Kelurahan Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang tentunya harus punya bekal dalam berusaha, diantaranya menguasai teknologi informasi.

“Kita berharap dari kegiatan penyuluhan yang telah dilakukan tersebut dapat membangkitkan semangat siswa di rumah asuh ini untuk melakukan kreativitas usaha agar dapat menghasilkan yang pada gilirannya dapat menghidupi dirinya sendiri, bermanfaat bagi lingkungan dan memberi dampak ekonomis bagi aktivitasnya siswa,” jelasnya.

Ia mencontohkan dalam bidang contents seperti Bisnis Teknologi Web Development, Startup Produk IT, Bisnis Jasa Desain Grafis, Jasa Penulis Artikel, Bisnis SEO Konsultan, Aplikasi Mobile dan Social Media Consulting.

“Kita berharap dari penyuluhan yang berlangsung selama dua hari pada akhir Juni tersebut para siswa dapat menerapkan ilmunya, sehingga nantinya bisa menjadi entreprenuer muda yang sukses. Jika ada kesempatan lagi, tentunya kita akan mengajarkan bagaimana pengaplikasikan teknologi informasi dalam bisnis tersebut,” terang dosen Prodi Teknik Informatika UPI YPTK Padang tersebut.

Vivi Puspita Sari, S.Ip. M.Pd anggota kelompok Tim PKM UPI YPTK menambahkan sosialisasi ini dapat memberikan arahan kepada para anak dan remaja untuk pendidikan kewirausahaan. Kemudian memberikan pembelajaran kepada siswa untuk mengembangkan ekonomi dan perkembangan sosial, sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki masing- masing.

“Kita berharap dari penyuluhan ini dapat membantu mendidik siswa menjadi mandiri, disiplin diri kejujuran, ketekunan dalam menghadapi masa depan dengan penguasaan teknologi dan informasi,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Deni Amelia, SE. ME, anggota kelompok Tim PKM UPI YPTK.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini para anak dan remaja di YABNI Padang dapat menggunaan teknologi dan bisnis.

Ini merupakan usaha terencana dan aplikatif untuk meningkatkan pengetahuan intensi atau niat dan kompetensi peserta didik, untuk mengembangkan potensi dirinya dengan diwujudkan dalam perilaku kreatif, inovatif dan berani mengambil serta mengelola resiko dengan penggunaan teknologi dalam bisnis.

Tim PKM UPI YPTK berterima kasih kepada Rumah Asuh YABNI Padang yang telah memberikan kesempatan kepada tim PKM untuk melakukan sosialisasi. Semoga ilmu yang kami berikan bisa bermanfaat dan kegiatan ini bisa berlangsung secara berkelanjutan.

“Pembina Rumah Asuh YABNI Padang, Usman,SHI.,MA juga berterimakasih atas kehadiran Tim PKM UPI YPTK yang telah berbagi dengan anak asuhnya. Ia berharap mereka yang ikuti kegiatan sosialisasi tersebut dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh,” pungkas Deni Amelia. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.