25/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » SMAN 9 Padang Juara Umum Anugerah Kihajar STEM Tingkat Nasional

SMAN 9 Padang Juara Umum Anugerah Kihajar STEM Tingkat Nasional

Padang, rakyatsumbar.id—SMAN 9 Padang meraih prestasi yang membanggakan pada ajang Anugerah Kihajar 2023 yang dilaksanakan tanggal 17 November 2023 lalu, berhasil meraih juara umum nasional kategori Gen Kihajar Stem Tingkat SMA.

Tiga orang dari Tim Lomba Kihajar 2023 SMAN 9 Padang yang terdiri dari Nurhamzah, Abdi Fatlan dan Faza Muhammad Afwi dengan Guru Pembimbing Dina Marlini, M.P berhasil menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh Kihajar STEM tahun 2023 ini.

Keterampilan berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah atau project berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Math) melalui penemuan yang diberi judul TAJIR (Teknologi Antisipasi Banjir), berhasil mereka taklukan.

Alat yang mereka ciptakan sangat mungkin digunakan oleh masyarakat, sangat palikatif dan realsitis.

Kepala Sekolah SMAN 9 Padang, Dra.Enny Sasmita,M.Pd mengatakan, peserta didik dan Guru Pembimbing mencatatkan prestasi di tingkat nasional pada lomba Kihajar Stem  (Kita Harus Belajar) 2023.

Kegiatan dalam bentuk penghargaan daerah jawara belajar.id dan malam Anugerah Kihajar Tahun 2023 di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kemdikbudristek Jakarta.

“Ini adalah pencapaian yang luar biasa dari siswa siswa kami di SMAN 9 Padang. Dan berharap prestasi ini terus dipertahankan,” Enny Sasmita kepada rakyatsumbar.id, Senin (20/11/2023).

Ajang tahunan ini dilaksanakan Kemendikbudristek melalui Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) sebagai unit pelaksana teknis Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) yang juga melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat .

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Drs. Barlius, mengaku bangga dengan prestasi yang sudah dicapai oleh SMAN 9 padang  tersebut. Sebab, itu  menandakan bahwa sistem pendidikan di Sumbar telah berjalan dengan baik.

“Apa yang kita terima ini, adalah buah dari kerja keras seluruh masyarakat khususnya seluruh insan pendidikan Sumatera Barat. Terima kasih dan Alhamdulillah,” ucap Barlius.

Selain itu, ia juga mengaku bangga karena apa yang diupayakannya bersama seluruh pihak terkait selama ini untuk sektor pendidikan, telah berhasil melaju di jalur yang tepat dan mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

SMAN 9 Padang sebagai Pemenang Juara Umum Tingkat SMA pada Kihajar STEM 2023, pencapaian ini merupakan hasil kerjasama Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat melalui UPTD Balai TIK Pendidikan dan Cabang Dinas Pendidikan serta Dinas Pendidikan Kabupaten Kota se Sumatera Barat.

Kepala UPTD Balai TIK Pendidikan Nanda Edya Putra S.Si, M.CIO mengajak, mari Implementasikan digital pendidikan di daerah masing-masing dan raih penghargaan terbesar dan bergengsi tahun ini. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.