21/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Sidak, Polisi Temukan 102 Obat Sirup Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut

Sidak, Polisi Temukan 102 Obat Sirup Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut

Kapolresta Padang saat melakukan Sidak ke beberapa apotek di Kota Padang, Minggu (23/20/2022).

Padang, rakyatsumbar.id – Pihak kepolisian menemukan obat sirup yang diduga penyebab gagal ginjal akut mengakibatkan belasan anak meninggal di Kota Padang.

Penemuan itu pada sejumlah apotek di Kota Padang saat inspeksi mendadak (Sidak), Minggu (23/10/2022).

“Dari hasil sidak yang kita lakukan, sebanyak 102 obat sirup masih kita temukan di apotek yang kita periksa hari ini,” kata Kapolresta Padang, Kombespol Ferry Harahap.

Polisi melakukan Sidak obat sirop pada sejumlah apotek di kawasan Tarandam, Kecamatan Padang Timur dan kawasan Pondok, Kecamatan Padang Selatan.

“Dari temuan, obat tersebut banyak di cari. terutama untuk anak-anak seperti paracetamol sirup,” ucap Ferry Harahap, alumni Akpol angkatan 1999.

Menurut Ferry, tidak menyita temuan obat sirup itu, tetapi meminta pemilik apotek menyisihkan atau menyimpan sementara hingga ada aturan dari pemerintah.

“Namun, apabila kedapatan apotek masih menjual, maka ini adalah pelanggaran dan baru akan kita sita,” beber Ferry.

Ia menyampaikan, Sidak Polresta Padang terlebih dahulu melakukan  koordinasi dengan Dinas Kesehatan, BBPOM untuk mengetahui obat-obat jenis apa saja yang diminta untuk tidak dijual.

“Ada 13 orang yang meninggal. Kita akan melakukan pengawasan rutin seminggu sekali bahkan tiga hari sekali untuk memastikan tidak ada lagi yang menjual obat tersebut,” papar Ferry.

Suherman, pemilik salah satu apotek, mengatakan, sejak ada instruksi beberapa hari yang lalu pihaknya sudah tidak lagi menjual obat tersebut.

“Karena pemberitahuan larangan untuk memajang belum ada, makanya kami masih obat ini masih ada, tapi tidak untuk dijual,” sebutnya. (byr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.