18/08/2022
Beranda » Selamatkan DAS Batang Hari, Dandim Tanam Pohon

Selamatkan DAS Batang Hari, Dandim Tanam Pohon

Dharmasraya, Rakyat Sumbar- Peduli lingkungan sebagai bentuk dedikasi dengan menyelamatkan sungai Batang hari dari abrasi dan serangan marcuri ditunjukan oleh Kodim 0310 Sawahlunto Sinjunjung Dharmasraya (SSD) pada peringatan hari juang TNI ke 74.

“Cinta terhadap lingkungan, adalah bentuk cinta kita kepada NKRI, apalagi sungai merupakan sumber kehidupan masyarakat,”kata Dandim 0310 SSD Letkol Inf, Dwi Purnomo, saat melakukan penanaman pohon dikawasan sungai Batang hari, Samalidu, Rabu 18/12.

Dikatakannya, bahwa lewat penanaman pohon mahoni dan sejenisnya, disepanjang aliran sungai Batang hari, di Nagari Samalidu, Kecamatan Koto Salak, bersama masyarakat, merupakan salah satu upaya penyelamatan sungai dari kerusakan.

“Selain menanam pohon mahoni dan sejenisnya, kita juga lakukan penebaran beni eceng gondok,”jelas pria bertubuh gempal itu, yang didampingi Koramil 03 Mayor Inf, Tuti Andayani.

Dipenghujung perbatasan Sumbar dan Jambi, serta di sebuah nagari yang jauh dari atensi dengan agenda penyelematan batang hari itu, pria yang akrab disapa, Dwi ini, bersama seluruh anggota menyusuri sungai yang terdampak abrasi dengan menanam pohon serta penaburan eceng gondok.

“Kita pilih sungai Batang sebagai tempat bagi kami untuk melakukan penghijauan, mengingat dampak banjir yang baru saja terjadi,”katanya.

Ia menyebutkan, bahwa Dharmasraya, merupakan daerah ketiga setelah Sawahlunto, Sijunjung. Cuma saja, lanjutnya, kegiatannya lebih difokuskan pada sungai Batang hari.

“Kita sediakan ratusan Tananam pohon, untuk nanti dilanjutkan oleh masyarakat, dengan harapan agar kita bisa bersama-sama menjaga sungai dari erosi,”tegasnya.

Dwi Putranto berharap, agar pemerintah nagari maupun kecamatan bersama masyarakat dapat menjaga dan memelihara apa yang saat ini telah kita lakukan.

Sementara itu, camat Koto Salak, Syarbaini, yang terjun langsung mendampingi Dandim 0310, mengatakan bahwa gebrakan yang dilakuan boleh TNI AD saat ini, merupakan kegiatan yang telah lama di nanti-nanti.

“Inilah yang ditunggu oleh masyarakat Nagari Samalidu ini, TNI bersama rakyat,”kata Syarbaini yang didampingi Sekretaris Nagari setempat.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh TNI AD di Nagari Samalidu ini, dalam rangka menjaga sungai Batang hari dari abrasi dan erosi serta dari ganasnya marcuri.

“Ini adalah motivasi bagi kami dan para generasi serta masyarakat di Nagari Samalidu ini,”ungkapnya

Dari pantauan media ini dilapangan, usai melakukan penanaman pohon, Dandim 0310 bersama pemerintah setempat, BPBD, Pol PP, Kepolisian Resor Dharmasraya, menggunakan speed bout lakukan patroli air sejauh lebih kurang lima kilometer persegi serta menabur benih eceng gondok disepanjang pulau.(yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.