28 Mei 2022

Beranda » Rumah Semi Permanen Hangus Dilalap Api

Rumah Semi Permanen Hangus Dilalap Api

kebakaran

Sebuah rumah semi permanen milik warga di Jorong Batang Silayang hangus terbakar.

Pasaman, rakyatsumbar.id –  Sebuah rumah semi permanen milik warga di Jorong Batang Silayang, Nagari Silayang, Kecamatan Mapattunggul Selatan, Kabupaten Pasaman habis dilalap si jago merah.

Kejadian terjadi, Kamis (20/1/2022) sekira pukul 08.15. Dalam waktu sekejap rumah milik Idol (35) hangus dan hanya tinggal puing

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, namun pemilik rumah harus kehilangan harta benda yang ikut hangus terbakar dalam peristiwa yang berlangsung sekitar setengah jam itu.

Dugaan sementara, api berasal dari korsleting arus pendek listrik di rumah korban.

Rumah semi permanen terbuat dari bahan kayu berukuran 6×8 meter itu sangat mudah terbakar, sehingga api dengan cepat merambat ke seluruh bagian isi rumah, termasuk perabotan, mesin jahit, dan obat – obat pertanian yang ada di dalam rumah tersebut.

“Alhamdulillah, pemilik rumah beserta dua anak dan istrinya yang menghuni rumah itu selamat dari bencana kebakaran tersebut.”

“Namun, sebagian besar harta benda milik korban hangus ikut terbakar,” kata Abu Bakar Camat Mapattunggul Selatan.

Dalam pemadaman kobaran api, warga hanya bergotong royong dengan peralatan seadanya, karena lokasi kebakaran jauh dari pusat pos pemadam.

“Lokasi yang sulit dijangkau mobil pemadam kebakaran membuat warga sekitar terpaksa berusaha keras memadamkan api secara manual dengan peralatan seadanya.”

“Rumah terbuat dari kayu, sekitar setengah jam rumah tersebut sudah rata dengan tanah,” terang Abu Bakar.

Peristiwa tersebut juga sudah dilaporkan ke instansi terkait. Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian material sekitar puluhan juta rupiah.

Semua penghuni rumah sudah diungsikan ke tempat yang aman.

“Untuk sementara waktu, keluarga korban saat ini terpaksa harus mengungsi ke rumah sanak saudaranya yang ada di daerah itu, ” tukasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Aan Afrinaldi yang dihubungi rakyatsumbar.id belum memberikan keterangan. (herizon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *