18/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Puluhan Anak di Payakumbuh Terindikasi Stunting 

Puluhan Anak di Payakumbuh Terindikasi Stunting 

Ketua DPRD Sumbar, Supardi sangat prihatin terhadap puluhan anak-anak terindikasi mengalami stunting di Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh.

Padang, rakyatsumbar.id – Ketua DPRD Sumbar, Supardi, sangat prihatin terhadap puluhan anak-anak terindikasi mengalami stunting di Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh.

“Tentu ini sangat memilukan, mayoritas pemukiman masyarakat di Payakumbuh tidak berjarak dan cenderung berdekatan, ketika ada tetangga yang mengalami kurang gizi kronis (Stunting) dimana kepedulian sosial kita,” kata Supardi, saat Safari Ramadan di masjid Al Falah, Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Kota Payakumbuh, Minggu (2/4/2023).

Ia menyampaikan, akan memonitor kembali ke Payakumbuh Timur, apabila masih ada stunting maka kinerja perangkat pemerintahan terendahnya (lurah) harus dievaluasi tegas.

“Semoga 80 orang yang mengalami gizi buruk di Kecamatan Payakumbuh Timur bisa berkurang, begitupun di Kelurahan Padang Tangah yang Sembilan warganya stunting bisa menjadi nol,” ucap Supardi.

Terkait persoalan itu, Supardi mempertanyakan kepedulian masyarakat sebab di Kelurahan Padang Tangah Payobadar terdapat sembilan anak yang terindikasi stunting,

“Bagaimana kinerja RT maupun RW terkait adanya kondisi kurang gizi terhadap tetangga. Ini menandakan nilai-nilai kepekaan sosial telah luntur,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, keindahan Masjid Al Falah semestinya harus diiringi dengan keadaan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Fasilitas ibadah yang bagus seakan tak berguna jika masih ada warga yang menderita.

“Kita mengajak pengurus untuk melibatkan seluruh masyarakat dalam kegiatan sosial yang terpusat di masjid Al Falah, dana dari donatur yang dihimpun seharusnya digunakan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama,” sebutnya.

Supardi mengakhiri, menumbuhkan jiwa sosial dengan sesama, merupakan hal yang lebih penting. “Ketika ada warga yang kurang mampu harus dibantu, bahkan ketika ada anak yang putus sekolah, adakan penggalangan dana untuk melanjutkan pendidikannya,” tutur Supardi.

Supardi menyerahkan bantuan dari Pemprov Sumbar Rp50 juta dan Bank Nagari Rp10 juta  untuk Masjid Al Falah. (byr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.