24/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Polda Sumbar Gelar OperasI Zebra Selama Dua Pekan 

Polda Sumbar Gelar OperasI Zebra Selama Dua Pekan 

Dirlantas Polda Sumbar Kombespol Hilman Wijaya.


Padang, rakyatsumbar.id – Direktur Lalu-lintas (Dirlantas) Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya, mengingatkan, Polisi Lalu-lintas (Polantas) yang bertugas saat Operasi Zebra Singgalang, tidak mencari-cari kesalahan pengendara.

“Personel di lapangan tidak ada cari-cari kesalahan masyarakat pengendara,” kata Hilman Wijaya, di ruang kerjanya, jalan Nipah, Padang Barat, Kota Padang, Senin, (4/9) siang.

Ia melanjutkan, apabila pengendara melakukan kesalahan, maka tegakan hukum, tetapi jika kesalahan tidak fatal, maka cukup memberikan teguran.

“Menegakkan hukum kan ada berbagai macam caranya, penilangan atau cukup dilakukan teguran,” ucap Hilman, alumni Akpol angkatan 1999.

Menurut Hilman Wijaya, Operasi Zebra Singgalang, merupakan kegiatan di bidang lalu lintas, dilaksanakan selama dua pekan, yakni 4-14 September 2023, salah satu tujuan adalah menekan kecelakaan lalu-lintas.

“Kita akan menindak pengendara yang melanggar lalu lintas, berpotensi fatalitas kecelakaan dan kasat mata. Metode penegakan hukum yakni tilang manual dan ETLE. Nanti ada juga kegiatan edukatif serta preemtif,” ungkap  Hilman.

Ia menyampaikan, pada operasi ini ada 7 prioritas pelanggaran lalu lintas yang dilakukan penindakan. Oleh karena itu, pengendara supaya mematuhi aturan berlalu-lintas.

“Mengunakan ponsel saat berkendara. Mengemudi yang masih di bawah umur. Sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang. Tidak mengunakan helm dan sabuk pengaman. Melawan arus. Berkendara di bawah pengaruh alkohol, dan melebihi batas kecepatan,” rincinya.

Hilman mengakhiri, kerja sama masyarakat sebagai pengendara lalu lintas sangat dibutuhkan untuk dapat mematuhi peraturan lalu lintas. Namun, apabila memang melakukan kesalahan saat berlalu-lintas, jangan dijadikan polemik lalu diviralkan.

“Ini hanya pelanggaran lalu lintas. Kalau salah ya silakan membayar tilang, jangan jadi polemik dan viralkan,” pungkas Hilman, menyampaikan 300 Polantas akan bertugas pada operasi ini.  (byr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.