rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » PLN Tanda Tangan Komitmen Pembangkit EBT

PLN Tanda Tangan Komitmen Pembangkit EBT

Wujudkan langit biru bebas polusi di Sumbar, PLN tanda tangan komitmen pembangkit EBT.


Padang, rakyatsumbar.id  – PT PLN (Persero) terus meningkatkan bauran energi terbarukan di seluruh Indonesia guna pengembangan pembangkit listrik ramah lingkungan yang akan mendukung pencapaian target bauran energi baru terbarukan (EBT) pada net zero emissions pada 2060.

Komitmen untuk mendorong proses transisi energi tersebut terlihat pada saat PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar bersama dengan PT Agrowiratama dan PT Ikhwan Mega Power melakukan penandatanganan Berita Acara Commercial Operation Date (COD) untuk Pembangkit Listrik berbahan bakar Energi Baru Terbarukan (EBT) di Provinsi Sumatera Barat pada Selasa-Rabu (26-27/9/2023) lalu.

Acara yang berlangsung di Kantor Induk PLN UID Sumbar tersebut dihadiri oleh General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho, Senior Manager Perencanaan (SRM) Armunanto, Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukittinggi Rudi Hamiri, Manajer IPP & Excess Power Maisyaroh, dan Direktur Polmas Simbolon dari PT Agrowiratama.

Serta untuk penandatanganan COD pada PT Ikhwan Mega Power turut dihadiri olej Manager UP3 Payakumbuh Wilsriza, dan Direktur Masni Kamal PT Ikhwan Mega Power.

Penandatanganan BA COD tersebut kian menunjukkan komitmen PLN terhadap upaya transisi pembangkit energi menuju energi bersih dan terbarukan, dengan hadirnya pembangkit EBT yang dioperasikan PT Agrowiratama di Kab Pasaman Barat dengan kapasitas 400 s/d 1200 kW dan PT Ikhwan Mega Power di Kab Tanah Datar dengan kapasitas 2×4,5 MW.

General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho menyampaikan apresiasi kepada pihak pengelola pembangkit atas keberhasilannya membantu pasokan sistem kelistrikan Sumatera Barat khususnya untuk masyarakat daerah terpencil .

“Kita ketahui bersama keberadaan pembangkit ini akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Sumbar, selain membantu meningkatkan kualitas listrik dan keandalan sistem jaringan PLN di daerah terpencil, terutama di sistem distribusi 20 kV; pembangkit dengan bahan bakar EBT sudah pasti ramah lingkungan dan hemat biaya, sehingga menjadikan langit sumatera barat biru dan bebas polusi,” Jelas Eric.

Disisi lain, Direktur Utama PT Agrowiratama menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi atas respon PLN, sehingga pembangkit listrik EP PLTBg Agrowiratama dapat selesai dan siap beroperasi. Ungkapan senada disampaikan juga oleh direktur PT Ikhwan Mega Power, bahwa pihaknya akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat dengan kualitas dan keandalan listrik yang optimal.

Di akhir acara Eric menyampaikan agar PT Agrowiratama dan PT Ikhwan Mega Power dapat selalu konsisten mempertahankan performa pembangkit sehingga dapat meminimalisir munculnya gangguan, sehingga masyarakat bisa menikmati listrik secara sempurna di seluruh pelosok nagari. Keandalan pasokan listrik berbasis energi terbarukan tersebut merupakan wujud komitmen PLN sebagai garda terdepan transisi energi di Indonesia, menuju kelistrikan yang semakin ramah lingkungan. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.