PLN Mutakhirkan Data Pelanggan, Berikut Alasannya
Ilustrasi pemutakhiran data pelanggan.
Padang, rakyatsumbar.id– Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan ketenagalistrikan, PLN terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.
PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar sendiri tengah gencar lakukan pemutakhiran data pelanggan.
Caranya dengan memadankan data pelanggan lama dengan data eksisting atau terbaru.
Beberapa data diri yang dipadankan oleh PLN UIW Sumbar meliputi Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelanggan, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pelanggan.
Termasuk alamat lengkap, hingga titik koordinat rumah berdasarkan lokasi kWh meter.
Selain untuk peningkatan pelayanan, upaya ini menindaklanjuti instruksi KPK untuk penadanan data bagi instansi atau perusahaan.
Tujuannya untuk pencegahan korupsi, yang di keluarkan pada 13 April 2021, yaitu mengenai Tindak Lanjut Koordinasi Akses Tindak Lanjut Korupsi 2021 dan 2022.
PLN Dukung Peraturan Pemerintah
General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo menyebutkan, penadanan data pelanggan juga tertuang dalam Peraturan Presiden No. 83 tahun 2021.
Hal ini tentang Pencantuman dan Pendataan NIK atau NPWP dalam pelayanan publik dan Surat Menteri ESDM Tanggal 4 Januari 2022.
Pperihal penadanan id pelanggan PT PLN (Persero) dengan NPWP.
‘’PLN mendukung peraturan pemerintah. Selain itu, dengan penadanan data.”
“Kami ingin pelayanan ke pelanggan lebih tepat sasaran, lebih cepat, dan sesuai ekspetasi pelanggan,’’ ungkap Toni pada Senin (20/6/2022).
Nova Sagita, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan menambahkan,, PLN UIW Sumbar bergerak cepat untuk penuntasan pemutakhiran data pelanggan
‘’Kami memiliki petugas resmi dengan surat tugas dan id-card yang bergerak tersebar ke rumah-rumah pelanggan berdasarkan data id pelanggan.”
“Petugas akan melakukan penadaan data terbaru pada masing-masing id pelanggan,’’ sampainya.
PLN berupaya tingkatkan kualitas lewat pemutakhiran data pelanggan.
“Sinkronisasi data pelanggan dapat memastikan subsidi listrik tepat sasaran.
“Termasuk membantu PLN mempercepat penyelesaian laporan keluhan dan gangguan karena titik koordinat telah akurat. Hingga berbagai perbaikan kualitas lainnya,‘’ sampainya.
Imbau Masyarakat Bantu PLN
Nova Sagita lantas menghimbau agar masyarakat dapat membantu PLN dalam eksekusi pemutakhiran data pelanggan ini.
‘’PLN adalah perusahaan dengan jumlah pelanggan terbesar di Indonesia. Di Sumbar sendiri, pelanggan PLN berjumlah lebih dari 1,6 juta.”
“Kami membutuhkan bantuan masyarakat untuk penuntasan agenda penting ini. Di mana hasilnya nanti tentu berdampak pada pelayanan bagi masyarakat juga,’’ ungkap Nova.
Kontribusi masyarakat dalan mendukung eksekusi pemutakhiran data pelanggan dapat dengan menyambut baik petugas PLN yang bertugas melakukan dan memberikan data yang valid.
‘’Silahkan dukung petugas dengan data akurat, membantu pemadanan data pelanggan. Selanjutnya, memberikan petunjuk lokasi pelanggan yang tidak ditemukan dan lain sebagainya.”
“Sekecil apapun itu akan berharga bagi program kerja ini,’’ ungkap Nova.
Selanjutnya, pelanggan pun dapat melakukan update data diri mandiri melalui aplikasi PLN Mobile.
‘’PLN telah melengkapi aplikasi PLN Mobile dengan menu “Data Diri”.
“Pada menu ini pelanggan dapat melengkapi setiap Id Pelanggan pada akun PLN Mobile-nya masing-masing dengan data NIK dan NPWP. Pastikan pula alamat dan titik koordinat telah tepat,’’ jelas Nova. (ri)