05/03/2024
Beranda » Peroleh 20 Suara, Dekan FEB Dr. Efa Yonnedi Terpilih jadi Rektor Unand

Peroleh 20 Suara, Dekan FEB Dr. Efa Yonnedi Terpilih jadi Rektor Unand

Dr Efa Yonnedi SE MPPM Akt CA CRGP terpilih sebagai Rektor Unand Periode 2023-2028

Padang,rakyatsumbar.id—Dr Efa Yonnedi SE MPPM Akt CA CRGP (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis terpilih sebagai Rektor Universitas Andalas (Unand) periode 2023-2028.

Ia memperoleh suara terbanyak pada Pemilihan tingkat Majelis Wali Amanat (MWA) yang dilaksanakan di Gedung Convention Hall Unand, Selasa (31/10/2023).

Pada pemilihan MWA ini dari 25 suara,Dr Efa Yonnedi memperoleh 20 suara, sementara Prof Apt Fatma Sri Wahyuni PhD ( Dekan Fakultas Farmasi) memperoleh 3 suara dan Prof Ikhwana Elfitri ST MT PhD (Dekan Fakultas Teknik) peroleh 2 suara.

Ketua MWA Unand, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, ini pemilihan yang sangat demokratis, ia mengikuti dari awal, dilibatkan seluruh mahasiswa, dosen dan kemudian juga ada alumni dari luar dan lain sebagainya sampai terpilih 12 calon.

“Termasuk sampai tingkat final ke SAU dan kemudian diuji juga di Kemendikbud Ristek dan hasilnya diputuskan hari ini dalam rapat tertutup MWA dan menghasilkan Efa Yonnedi sebagai Rektor Unand periode 2023-2028 atau lima tahun ke depan,” sebutnya diwawancarai awak media usai pemilihan.

Ia berharap dengan terpilihnya Dr. Efa Yonnedi sebagai rektor bisa membawa Universitas Andalas semakin maju.

“Tadi saya sampaikan arahan dan beberapa pesan, cita-cita Unand ini kan menjadi World Class University (WCU). Ada beberapa hal yang harus dilalui atau dikejar, yakni core competence, baik di sektor utama, pangan dan kesehatan, karena dua hal ini yang sedang dituju,” terangnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut mengatakan, tantangan Indonesia dan negara lain di belahan dunia sangat besar dalam krisis pangan.

“Tantangan kita sangat besar dalam krisis pangan. (Kemudian) sektor kesehatan, masih sangat lemah, kalau saudara melihat, hampir semua produk kita impor, tugas Unand bagaimana menyikapinya dengan source (sumber daya) yang luar biasa,” terangnya.

Sementara itu, Rektor Unand Terpilih Efa Yonnedi menyampaikan terima kasih dan apresiasi, terutama kepada Anggota MWA yang telah memberikan amanah dan kepercayaan.

Pelantikan 24 November 2023

“Amanah dan kepercayaan ini harus dijawab dengan kerja keras oleh tim yang solid untuk mengembangkan Unand ke depan,” sebutnya diwawancarai usai pemilihan.

Efa menyebut, meski berat, amanah akan menjadi ringan jika dilaksanakan melalui kolaborasi dan kerja sama yang intensif oleh tim dengan berbagai pihak.

“Kita akan melibatkan semua potensi yang ada merangkul banyak pihak untuk berkolaborasi dan kerjasama yang maksimal antar civitas akademika untuk membangun Unand yang solutif, inklusif dan kontributif bagi bangsa Indonesia,” bebernya.

Untuk diketahui, setelah pemilihan tingkat MWA ini, pelantikan Rektor Terpilih periode 2023-2028 akan dilaksanakan pada 24 November mendatang, bersamaan masa jabatan Rektor Universitas Andalas Prof Dr Yuliandri SH MH yang akan berakhir. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.