25/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Pengurus F Peran Lima Dilantik, Keberadaannya Diharapkan Semakin Berperan

Pengurus F Peran Lima Dilantik, Keberadaannya Diharapkan Semakin Berperan

Pengurus Forum Perwakilan Anak Nagari Limau Manih (F-Peran Lima) Periode 2024-2027 dilakukan pengukuhannya secara resmi, di gedung Convention Hall Universitas Andalas (Unand), Kamis (9/5).


Padang, rakyatsumbar.id – Camat Pauh Titin Masfetrin berharap keberadaan organisasi ini dapat menjadi wadah dalam mensukseskan program pemerintah,berdampak kepada peningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Besar harapan kami dari Pemko Padang, F-Peran Lima dapat berpartisipasi dalam pembangunan di kecamatan Pauh, Kota Padang pada umumnya, terutama dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, dan ikut membantu suksesnya program pemerintah,” sebut Titin Masfetrin yang hadir mewakili Wali Kota Padang Hendri Septa pada pengukuhan kepengurusan F-Peran Lima tersebut.

Ia mengatakan, kenagarian Limau Manih yang terdiri dari tiga kelurahan, Kelurahan Limau Manis, Limau Manis Selatan dan Koto Lua tersebut menjadi daerah di Kecamatan Pauh yang memiliki sumber daya alam (SDA) yang lebih dibandingkan daerah lainnya. Hal ini ditambah dengan keberadaan Unand, Politeknik Negeri Padang dan PT Semen Padang.

“Artinya dengan SDM yang berlimpah, banyak hal yang bisa dikolaborasikan di Kenagarian Limau Manih ini, baik dengan Unand, PNP atau Semen Padang, begitu juga melalui pokir anggota dewan dan lainnya. Diharapkan keberadaan F-Peran Lima dapat menjadi wadah memfasilitasi sehingga potensi yang ada dapat semakin berdampak maksimal untuk masyarakat,” tambahnya usai kegiatan pengukuhan.

Ia juga berharap peranan forum ini untuk mensukseskan berbagai program yang tengah menjadi prioritas di Kecamatan Pauh, terutama dalam menyelesaikan persoalan kemiskinan ektrem, masalah stunting, angka putus sekolah dan tingkat pengangguran melalui peningkatan partisipasi masyarakat.

“Forum Perwakilan Anak Nagari ini berada dekat dengan masyarakat, kita harapkan dapat menjadi saluran dalam menyelesaikan persoalan yang ada, seperti terutama di kenagarian Limau Manih dalam bentuk sinergitas pemerintah dan masyarakat,” jelasnya.

Ketua F Peran Lima, Eka Putra Kurniadi menyampaikan, Forum Perwakilan Anak Nagari Limau Manih diharapkan dapat mencapai tujuan keberadaannya untuk kepentingan anak nagari terakomodir. Dibutuhkan keseriusan dan kekompakan seluruh kepengurusannya dalam berperan, berkolaborasi dan konslidasi untuk mencapai tujuan bersama.

“Dalam waktu dekat kita akan memetakan potensi yang ada di Kenagarian Limau Manih ini, begitu juga persoalan yang ada, sehingga menjadi suatu rumusan yang nantinya bisa menjadi pprogram yang bisa dikerjasamakan dengan stakholder terkait, sehingga keberadaan forum ini benar-benar terasa untuk anak nagari,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kerapatan Adat Nagari (KAN) Limau Manis, Kecamatan Pauh Zulizal Rj Bungsu mengharapkan forum yang telah dibentuk sejak tahun 2006 tersebut, pada periode 2024-2027 ini dapat memaksimalkan peranannya untuk kemajuan kenagarian Limau Manih.

“Tentunya kita berharap ke depan F Peran Lima dapat bisa maksimal untuk menjalankan peranannya, termasuk berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk bersama-sama dalam tujuan memajukan kenagarian ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pengukuhan F Peran Lima Pebrimulyadi menyampaikan kepengurusan ini telah di SK kan sejak 1 April 2024 lalu, setelah sebelumnya dilakukan proses pemilihan Ketua F Peran Lima yang dilakukan secara demokratis di Aula SMA 15 Padang pada 7 Januari 2024 lalu.

“Alhamdulillah dalam waktu yang singkat, dengan dukungan semua pihak yang terlibat kegiatan pelantikan dan pengukuhan kepengurusan ini dapat terlaksana dengan baik, semoga dengan pengukuhan ini kita dapat bersama-sama berperan untuk kemajuan nagari kita ini,” jelasnya pada kegiatan pengukuhan yang dihadiri pengurus KAN Limau Manis, bundo kanduang, forkopimca Kecamatan Pauh, dari Semen Padang, Unand, PNP, lurah Limau Manih, Koto Lua dan Limau Manis Selatan dan juga tamu undangan lainnya. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.