07/12/2022
Beranda » Pemko Mulai Revitalisasi Pasar Raya Fase VII

Pemko Mulai Revitalisasi Pasar Raya Fase VII

Walikota Padang Hendri Septa saat meninjau Fase VII Pasar Raya Padang, Selasa (22/11/2022).

Padang, rakyataumbar.id – Pemerintah Kota Padang merelokasi  pedagang Fase VII Pasar Raya Padang. Langkah itu untuk memulai revitalisasi pasar tersebut.

Perkiraan anggaran sekitar Rp104 miliar untuk membangun gedung tiga lantai serta satu semi basemen.

Fase VII Pasar Raya Padang, adalah pusat perbelanjaan yang sempat rusak akibat gempa 2009 itu, bakal dibangun ulang menjadi lebih representatif berkat bantuan dana Detail Engineering Design (DED) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kota bersama unsur Forkopimda meninjau langsung Pasar Raya Fase VII. Tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan tempat relokasi sekaligus menyosialisasikan niatan ini kepada pedagang. Kita bersyukur, para pedagang menyambut baik upaya ini,” kata Walikota Hendri Septa, saat meninjau dan berdialog dengan pedagang Fase VII Pasar Raya Padang, Selasa (22/11/2022) siang.

Dalam kesempatan itu terlihat para pedagang Pasar Raya Fase VII baik pemilik toko dan PKL menyatakan menyambut baik dan menyetujui upaya revitalisasi tempat mereka berdagang tersebut.

“Insya Allah, dalam beberapa hari ke depan kita akan buat kesepakatan bersama antara Pemko dengan pedagang. Inti dari kesepakatan itu adalah para pedagang dan PKL yang berjualan di Fase VII ini setuju untuk dipindahkan sementara waktu selama proses pembangunan berlangsung,” terangnya.

Wako menyebut, adapun untuk pedagang Fase VII yang direlokasi, pedagang kios sebanyak 288 dan PKL lebih kurang 200 lebih. Semuanya akan dipindahkan sementara berjualan di kawasan Pertokoan IPPI samping Balai Kota lama dan juga di Blok II dan Blok III.

“Semua pedagang tersebut sudah kita catat nama dan tokonya. Mereka semua kita pastikan akan menempati gedung baru Fase VII nantinya. Kita sudah kunci. Jadi setelah bangunan ini selesai tidak ada lagi pedagang baru yang berjualan di sana,” tegas Wako Hendri Septa.

“Ini merupakan penantian panjang dan angin segar khususnya bagi pedagang yang berjualan di Fase VII. Semoga dengan itu wajah Pasar Raya akan berubah di masa datang. Begitu juga pedagang akan menempati bangunan tempat berjualan yang lebih representatif, tertata dan nyaman. Mari kita bersama-sama membantu mewujudkan impian ini,” pungkasnya. (byr)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.