18/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Lisda Hendrajoni Launching Sejuta Pinang Investasi Skala Rumahan

Lisda Hendrajoni Launching Sejuta Pinang Investasi Skala Rumahan

Anggota Komisi VIII DPR-RI Lisda Hendrajoni saat melihat bibit Pinang Betara.

Anggota Komisi VIII DPR-RI Lisda Hendrajoni saat melihat bibit Pinang Betara.

Pesisir Selatan, rakyatsumbar.id – Guna mendukung penambahan pendapatan masyarakat dengan skala rumahan yang berjangka panjang, Anggota Komisi VIII DPR-RI Lisda Hendrajoni mendorong masyarakat untuk berinvestasi dengan cara bertanam Pinang Betara.

Lisda Hendrajoni menyampaikan hal itu dalam acara launching program kupinangkan dengan Bismillah, Sejuta Pinang Investasi Skala Rumahan , Jumat (4/3/2022) di Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas.

“Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di tengah pandemi Covid 19 yang masih belum kunjung berakhir.”

“Kita akan membagikan sejuta pinang betara untuk masyarakat pesisir selatan,” ucap Lisda.

Untuk bibit pinang, langsung dari pembibit lokal yang ada di Pesisir Selatan. Setelah itu, nantinya setiap rumah akan mendapatkan lima bibit pohon Pinang Betara.

Tahap awal, sebanyak 1500 bibit akan disalurkan kepada sejumlah masyarakat di Kecamatan IV Jurai.

Untuk seterusnya akan bergulir kepada masyarakat lain di Pesisir Selatan.

Lisda mengatakan, peluang bertanam Pinang Betara bisa berjalan maksimal, karena selain membagikan bibit, untuk penampungan hasil panen juga sudah disediakan lokasinya.

Sehingga masyarakat tidak susah untuk menjualnya, dengan demikian dapat mendorong pertumbuhan ekonomi warga dengan investasi jangka panjang.

Saat ini masyarakat Nagari IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas sudah mulai memanfaatkan peluang ekonomi dengan melakukan pembibitan Pinang Betara.

“Pinang dengan bibit unggul tersebut seharga Rp10 ribu per polybag. Sangat cocok untuk daerah dataran rendah maupun dataran tinggi,” ucap Andi, pembibit Pinang Betara di Kecamatan Batang Kapas.

Menurutnya, selain tidak membutuhan perawatan yang ekstra, pinang ini juga dapat panen dengan jangka waktu sekitar 3,5 tahun. Bahkan dapat pula sebagai tanaman hias di komplek perumahan dan pembatas pagar. (riko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.