24/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Kepolisian Komitmen Kawal Pemilu 2024

Kepolisian Komitmen Kawal Pemilu 2024

Dirsamapta Polda Sumbar, Kombespol Achmadi.


Padang, rakyatsumbar.id – Polda Sumbar mengerahkan personel untuk melakukan pengamanan dan penjagaan di kantor penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) 2024, seperti KPU dan Bawaslu.

“Pengamanan di KPU dan Bawaslu dalam rangka Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024, untuk menjaga situasi yang kondusif dan aman,” kata Dirsamapta Polda Sumbar,  Kombespol Achmadi, menjawab telepon Rakyat Sumbar, Kamis, (19/10) siang.

Ia melanjutkan, Polda Sumbar melakukan pengamanan di kantor penyelenggara Pemilu, yakni KPU serta Bawaslu, sejak 19 Oktober 2023 hingga berakhirnya Pemilu 2024.

“Kekuatan 1 SST (Satuan Setingkat Pleton), dan personel Ditsamapta Polda Sumbar yang bertugas selama 24 jam setiap harinya,” ucap Achmadi, alumni Akpol angkatan 1996.

Menurut Achmadi, pengamanan dan penjagaan dilaksanakan setiap harinya dengan sistem pengamanan Ring 1 (kantor/bangunan) Ring 2 (teras dan halaman kantor), serta Ring 3 (lingkungan lokasi kantor dengan sistem patroli).

“Selain di KPU dan Bawaslu Sumbar, personel kepolisian Polres jajaran juga melakukan pengamanan dan penjagaan di KPU dan Bawaslu kabupaten/kota,” sebut Achmadi.

Achmadi mengimbau kepada semua peserta Pemilu 2024  (Partai politik dan calon anggota DPD), serta masyarakat, supaya menjaga keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap kondusif di Sumbar.

“Mari sama-sama kita sukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 ini. Kepolisian menjaga dan mengamankan sedangkan masyarakat maupun peserta Pemilu tidak mudah terhasut dengan adu domba yang bisa mengganggu pelaksanaan Pemilu,” pungkas Acmadi.

Sementara itu, Pewira Pengawas (Pawas) Disamapta Polda Sumbar, Iptu Kamil Togo, mengatakan, dua regu bertugas melakukan pengamanan kantor  di KPU Sumbar dan Bawaslu Sumbar.

“Delapan personel 8 di KPU Sumbar, dan 8 Bawaslu, bertugas selama 24 jam. Ring 1 pintu masuk kator, ring 2 area belakang, ring 3 gerbang depan,  gabung dengan Bawaslu,” kata Kamil Togo, sebagai Pawas di Bawaslu, di lokasi pengamanan.

Terpisah, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, KPU Sumbar Jons Manedi, mengatakan, lembaganya menyambut baik, serta apresiasi komitmen kepolisian dalam pengamanan penyelenggaran Pemilu khususnya di Sumbar.

“Hal ini merupakan wujud dari perhatian pihak kepolisian agar pemilu berjalan dengan aman tanpa ada kegaduhan, dan mewujudkan Pemilu damai sesuai yang telah di deklarasikan oleh Polda Sumbar,” tutur Jons Manedi. (byr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.