18/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Kapolda Minta Peran LKAAM Jaga Kamtibmas

Kapolda Minta Peran LKAAM Jaga Kamtibmas

LKAAM Sumbar

Kapolda Sumbar Irjenpol Teddy Minahasa memberikan cinderamata kepada Fauzi Bahar.

Padang, rakyatsumbar.id – Kepolisian mengharapkan peran Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabu (LKAAM) Sumbar serta  tokoh adat se-Sumbar menjaga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Oleh karena itu, Polda Sumbar akan bersinergi dengan para tokoh di lembaga itu.

“Beliau-beliau perlu kita rangkul, perlu kita sinergikan dengan aparat keamanan.”

“Mengingat sampai dengan saat ini komposisi jumlah polisi dibandingkan dengan jumlah masyarakat perbandingannya masih terlalu jauh,” kata Kapolda Sumbar Irjenpol Teddy Minahasa, setelah bersilaturahmi dengan pengurus LKAAM Sumbar di Mapolda, Senin (31/1) siang.

LKAAM Sumbar adalah lembaga sosial terdiri dari tokoh adat, tokoh agama, alim ulama, cadiak pandai, niniak mamak dan lainnya. Mereka adalah patron di dalam interaksi sosial di dalam masyarakat.

“Dalam tatanan edukasi kita masih memerlukan peran serta dan partisipasi aktif daripada tokoh-tokoh adat atau tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya,” ucap Teddy.

Pihaknya mengundang tokoh-tokoh itu untuk menyamakan persepsi, bahwa keamanan adalah menjadi tugas serta tanggung-jawab semua pihak.

Ia memberikan pengharhaan kepada sejumlah tokoh yang dinilai berpartisipasi aktif membantu tugas kepolisian.

“Tujuannya saya mengundang niniak mamak se Sumbar salah satunya adalah menyamakan visi. Memang polisi dan TNI yang terdepan, tetapi secara keseluruhan elemen masyarakat juga bertanggungjawab,” ujarnya.

LKAAM Berperan dalam Penegakan Hukum

Peran LKAAM dalam penegakan hukum salah satunya adalah melakukan pencegahan tindak pidana atau penyelesaian konflik.

Sehingga tidak  berlanjut ke pengadilan, atau dengan metode restorative justice. 

“Itu semua dimediasi oleh para tokoh-tokoh tersebut.”

“Mereka yang menjamin yang memberikan sasaran nasehat penyelesaian yang baik yang soft (lembut), jadi tidak ada win lost (menang kalah) atau lost win (kalah menang), tetapi win-win (menang-menang).

Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar, Datuak Nan Sati, mengatakan siap membantu kepolisian dalam menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polda Sumbar.

Pihaknya mengapresiasi peningkatan capaian vaksinasi 78 persen di Sumbar berkat akselerasi Polda Sumbar Sumbar.

“Terimakasih kepada Kapolda telah menggagas Lomba Sumdarsin (Sumbar Sadar Vaksin), yang telah menyelamatkan anak kemenakan kami dengan vaksinasi, yang setiap hari dilaksanakan melalui Sumdarsin,” tutur Fauzi Bahar. (handy yanuar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.