Kabupaten Pasaman Raih Juara Empat MTQ Nasional ke-39 Tingkat Sumbar di Padangpanjang

791

Pasaman, rakyatsumbar.id—Kontingen Kabupaten Pasaman akhirnya berhasil meraih peringat empat (sepuluh besar) dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-39 tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021 di Kota Padangpanjang.

Pada MTQ ke-39 tahun ini, Kota Padang kembali berhasil meraih Juara umum I dengan total point 103, juara II disusul Kabupaten Tanah Datar total point 62, juara III Kota Pariaman total point 59.

Selanjutnya, untuk Posisi ke IV diraih oleh Kabupaten Pasaman dengan 51 Point, juara V Kabupaten Agam dengan 47 point, juara VI Kabupaten Padang Pariaman dengan 46 point, dan tuan rumah Kota Padangpanjang menempati posisi ke VII dengan 35 Point, kemudian disusul dengan Kabupaten/kota lainnya.

Informasi yang dihimpun Rakyat Sumbar, dalam pelaksanaan MTQ Nasional ke-39 Tingkat Sumbar tersebut, Pasaman menurunkan 61 qari dan qariah terbaiknya, untuk mengikuti 12 cabang yang diperlombakan.

Penutupan MTQ Nasional ke-39 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang Panjang ini, ditutup oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy dan dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Sumbar, Bupati dan Walikota se Sumbar, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Panjang selaku tuan rumah dan jajaran Forkopimda serta seluruh Pantia, official dan Kafilah yang datang di penutupan MTQ.

Wakil Gubernur Audy mengatakan bahwa MTQ merupakan ajang untuk mensyiarkan ajaran islam dan menggaungkan Al Qur’an dalam sebuah perlombaan.

“Walaupun secara umum kegiatan MTQ ini adalah untuk mensyiarkan agam islam, selain bentuk perlombaan yang dapat menjadikan sebuah ajang mengasah diri bagi para kafilah kita yang ada di Kabupaten/Kota se Sumatera Barat,” ungkap Audy saat penutupan MTQ Nasional ke-39 yang dipusatkan di Kota Padang Panjang, Jum’at (19/11/2021).

Pada kesempatan itu, Audy juga memuji kota Padang Panjang sebagai tuan rumah yang telah berhasil menyukseskan kegiatan MTQ tahun ini.

“Sungguh kota Padang Panjang memberikan dan membuat kita semua merasa nyaman dengan suguhan yang diberikan dalam kegiatan MTQ kali ini, ” ucapnya.

Usai penutupan, dalam suasana hujan Wakil Gubernur Sumbar memberikan langsung piala bagi juara umum dan juara terbaik MTQ ke-39 Tingkat Sumbar tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS mengucapkan terimakasih atas prestasi yang diukir para kafilah asal Pasaman dalam pelaksanaan MTQ ke-39 tingkat Sumbar ini.

Dia menyampaikan, Pemkab Pasaman cukup bangga atas perolehan peringkat empat yang diraih kafilah Pasaman dalam pelaksanaan MTQ Nasional ke-39 tingkat provinsi Sumbar tahun 2021 di Kota Padang Panjang.

“Kita sangat bersyukur sekali, karena Kabupaten Pasaman masuk sepuluh besar dalam pelaksanaan MTQ ke-39 tingkat Sumbar tahun ini. Prestasi ini suatu kebanggaan bagi daerah kita, karena daerah kita telah ada peningkatan prestasi dari tahun sebelumnya yang mana kita pada MTQ tahun lalu di Kota Solok kita berada di peringkat 9. Tentunya raihan peringkat IV pada MTQ ke-39 ini akan menjadi motivasi bagi daerah kita kedepannya,” kata Wakil Bupati Pasaman Sabar AS.

Sabar AS mengatakan, kontingen kafilah Kabupaten Pasaman tahun ini, mengikuti seluruh cabang MTQ yang diperlombakan. Dari 12 cabang MTQ yang diperlombakan itu, 13 qari dan qariah asal Pasaman masuk final dalam pelaksanaan MTQ tingkat Sumbar yang dipusatkan di Kota Padang Panjang ini.

Orang nomor dua di Pasaman itu juga membahkan, peningkatan prestasi MTQ tahun ini, menjadi motivasi bagi qari dan qariah pada pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Sumbar mendatang.

“Bagi Kafilah yang berhasil meraih juara, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman sudah menyiapkan hadiah. Hal itu sebagai bentuk penghargaan dan pembinaan terhadap Kafilah,” tambahnya.

Kedepan, kata Wabup pihaknya akan berupaya meningkatkan alokasi anggaran untuk pembinaan qari dan qariah di Kabupaten Pasaman ini.

“Selamat kepada para qori qoriah Pasaman yang meraih juara dan bagi yang belum juara, agar jangan patah semangat, terus belajar dan berdoa, semoga di MTQ selanjutnya kita dapat meraih juara tiga besar”, ujarnya.

Atas nama pemerintah Kabupaten Pasaman, H Benny Utama – Sabar AS sekali lagi mengucapakan terima kasih kepada Kafilah,Official dan seluruh Stakeholder yang mendukung sehingga Kabupaten Pasaman meraih peringkat IV dari 19 Kab/ Kota. “Semoga Pasaman lebih baik lagi kedepan,” tandasnya.

Dari 61 qari dan qariah asal Pasaman yang bertanding pada MTQ Nasional ke-39 di Padang Panjang ini, 6 qari qoriah asal Pasaman berhasil meraih juara I. Sedangkan 9 qari qoriah lagi berhasil meraih juara II.

Adapun 6 qari qoriah asal Pasaman yang berhasil meraih juara I itu adalah, Romel Fahdini (cabang lomba Tartil Menengah), Silhandrizal (Tartil Umum), Ratika Rani (Tartil Umum), Radika Ardiansyah (Tahfiz 1 Juz Tilawah), Jihan Rihhadatul Haq (Tahfiz 5 Juz Non Tilawah), dan Helmun Jamil (Tafsir Bahasa Indonesia dan Tafsir Bahasa Inggris).

Sementara 9 qari qoriah asal Pasaman yang berhasil meraih juara II yakni, Wafran Muttaqi (cabang lomba Tilawah Remaja), Benny Kurniawan (Murattal Remaja), Nila Lestari (Murattal Remaja), Aulia Fazila (Tahfiz 1 Juz Non Tilawah), Rachel Islami Ikhsan, M. Ilman Syahputra dan Rizki Aryanda (Syahul Qur’an), Nurhetni Afifah (Bintang Qasidah Remaja), serta Teja Andria Ningsih (Bintang Qasidah Dewasa). (zon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here