01/03/2024
Beranda » Gelar Kelas Cek Fakta, Mafindo Padang Gandeng SMK Muhammadiyah 1 Padang

Gelar Kelas Cek Fakta, Mafindo Padang Gandeng SMK Muhammadiyah 1 Padang

Kegiatan Kelas Cek Fakta yang diselenggarakan Mafino Padang bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Padang

Padang, rakyatsumbar.id—Masyarakat Anti Fitnah (Mafindo) Padang dan SMK Muhammadiyah 1 Padang mengadakan acara kelas cek fakta dalam rangka meningkatkan kesadaran siswa terhadap informasi palsu atau hoaks, Jumat (17/11/2023).

Acara ini diikuti oleh seratus dua puluh lima peserta yang merupakan pelajar SMK Muhammadiyah 1 Padang.

Menurut fasilitator utama kelas cek fakta Mafindo Padang, Silmi Novita Nurman, kegiatan ini bertujuan membekali siswa dengan edukasi dan pelatihan agar mampu mengidentifikasi dan memverifikasi informasi yang diterima.

Khususnya, melalui media sosial dan jejaring percakapan digital.

“Kami ingin para peserta bisa lebih kritis dan berpikir bijaksana sebelum membagikan informasi yang didapat. Saringlah sebelum di-share,” ujar Silmi.

Selain fasilitas utama, kelas cek fakta juga dipandu oleh 4 orang fasilitator diantaranya Feni Mardian, Lia Pusvitasari, Angelique Maria Cuaca, dan Fatma Yuka Desri.

Pada sesi diskusi, para fasilitator mengajak para peserta untuk berdiskusi kasus dan memecahkannya dengan teknik-teknik cek fakta yang sudah diuji oleh Mafindo.

Feni Mardian yang juga merupakan koordinator Mafindo Padang menyebutkan bahwa program kelas cek fakta Mafindo adalah program nasional yang diadakan pada puluhan kota di Indonesia.

“Kelas ini merupakan upaya Mafindo untuk melawan informasi palsu atau hoaks melalui edukasi dan pelatihan cek fakta,” kata Feni.

Ferial Nota, perwakilan majelis guru dari SMK Muhammadiyah 1 Padang mengatakan pelatihan ini diperlukan untuk mencegah penyebaran hoaks dan melatih bijak bermedia sosial.

“Ternyata banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek informasi hoaks, salah satunya melalui chat Kalimasada,” ucapnya. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.