18/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Gelar Inspection Day Serentak, PLN Gaungkan Komitmen Zero Harm-Zero Loss

Gelar Inspection Day Serentak, PLN Gaungkan Komitmen Zero Harm-Zero Loss

Gelar Inspection day serentak, PLN gaungkan komitmen Zero Harm-Zero Loss.


Padang, rakyatsumbar.id – Sebagai upaya mewujudkan komitmen Zero Harm Zero Loss, PT PLN (Persero) menggelar “Inspection Day” secara serentak di Indonesia pada Jumat (02/02).

Acara terpusat di lapangan kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surabaya Selatan dan dipimpin oleh Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto.

Di Sumatera Barat sendiri, acara berlangsung di Halaman Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Belanti.

Adi Priyanto menuturkan kegiatan inspection day adalah langkah nyata mewujudkan komitmen PLN dalam mengutamakan keselamatan pada setiap proses pekerjaan.

“Keselamatan tidak hanya menjadi tanggung jawab K3, melainkan tanggung jawab kita semua. Setiap pegawai, dari pekerja lapangan, pekerja operasional hingga pimpinan tertinggi memiliki peran besar dalam menegakkan budaya K3. Oleh karena itu, seluruh lapisan yang bertugas di PLN harus mematuhi SOP, menggunakan APD dalam bekerja, dan fokus membangun budaya K3 di unitnya masing-masing,” katanya.

Ia juga menyampaikan pentingnya perencanaan dalam setiap proses bekerja, terutama pegawai pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB).

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat Cipto Adi Sumartono yang memimpin acara di UID Sumbar menyampaikan gelaran inspection day merupakan langkah PLN untuk meningkatkan awareness terhadap pentingnya implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam bekerja.

“Inspection Day yang dilaksanakan serentak di seluruh unit induk distribusi/wilayah di Indonesia merupakan salah satu rangkaian peringatan Bulan K3 Nasional 2024, yang berlangsung dari 12 Januari hingga 12 Februari mendatang. Momen hari ini diharapkan dapat menjadi pemacu bagi seluruh insan PLN untuk meningkatkan implementasi budaya K3 di unit masing-masing,” terang Cipto.

Cipto menuturkan sepanjang tahun 2022 dan 2023, PLN UID Sumbar berhasil mewujudkan zero harm zero loss kecelakaan kerja. Hal itu tidak lepas dari pengawasan dan kesadaran seluruh pegawai, baik yang bekerja di lapangan, maupun di dalam ruangan. Namun Ia mengingatkan seluruh peserta untuk tidak lengah dan semakin meningkatkan penerapan budaya K3 sekaligus juga rutin menghimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya listrik.

“Pada momen hari ini Manajemen PLN juga melakukan safety briefing, mengecek kelengkapan alat pelindung diri (APD) pegawai dan mitra kerja, peralatan pendukung lain, serta turun ke lapangan untuk melakukan inspeksi pekerjaan. Ini merupakan wujud keseriusan PLN untuk menekan terjadinya kecelakaan kerja sehingga bisa mencapai zero harm zero loss,” ujarnya lagi.

Dalam kegiatan tersebut PLN UID Sumbar juga menyiagakan pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dan Pelayanan Teknik (Yantek) dan menggelar peralatan. Seluruh Manajemen melakukan inspeksi dan akan melakukan pengawasan secara rutin sehingga terwujud budaya K3 Unggul.

Sementara itu, General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho memastikan terlaksananya implementasi SOP dan peningkatan pengawasan dalam bekerja di lingkungan PLN UID Sumbar. Ia juga berpesan kepada para petugas lapangan untuk selalu mengecek kesiapan dan keandalan peralatan saat bertugas.

“Berbagai event dalam rangka Bulan K3 Nasional tahun ini di Sumbar diwarnai beragam kegiatan. Mulai dari donor darah, sosialisasi dan edukasi keselamatan kerja kepada pegawai, anak-anak sekolah, maupun masyarakat, donor darah, apel K3, lomba ranking 1, dan masih banyak kegiatan lainnya. Semoga setelah itu seluruh insan PLN dapat bekerja dengan kualitas terbaik dan kembali pulang dengan sehat, dan selamat untuk bertemu dengan keluarga di rumah,” ujar Eric. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.